4/25/2010

Tips aman naik KRL Jakarta-Bogor [ekonomi only!!]

Halo semua! Saya kembali dengan tips asyik neh, Banyak di antara teman - teman saya, yang masih merasa takut naik KRL Ekonomi ke Jakarta. Hmm, padahal buat saya itu adalah angkutan saya tiap hari. Kebanyakan dari mereka memang takut naik krl bukan karena apa-apa, mereka cuma takut kecopetan doang! nah, untuk mencegah hal itu, saya yang setiap hari naik Krl nyoba buat ngasih tips aman naik moda transportasi yang paling murah ini.

1. Amankan Handphone dan Dompet
Kisah klasik dari penumpang kereta adalah hilangnya Hp ma dompet di tas yang di silet. (entah nyobek tasnya pake silet apa kuku) POkoknya, tau-tau tas robek aja, isinya dah berpindah. Cara amannya, kalo punya handphone, jangan bagus-bagus, hehehe.. ngga becanda, kalo kalian punya BB trus terpaksa naik KRL Ekonomi, kalo bisa HP kalian di kalungin. Pake in tali buat di kalungin. Dengan beradanya HP di dada kalian , maka kalian akan merasa "jauh" lebih aman. kalo cewek gimana ya.. BB kan lumayan makan tempat.. hehehe... terus dompet. dompet jangan sekali-kali di taro di saku celana belakang, taro di tas, lumayan aman, kalo tas nya di pegangin terus, kalo ga ya ilang.,

2. Amankan posisi barang bawaan.
Layaknya hendak bertempur, naik KRL ekonomi memang bisa saya samakan dengan naik kuda, menuju tempat perang. Semua harus dipersiapkan. Termasuk ngejagain tas sendiri atau apakek yang di bawa. Jangan bawa barang yang berpotensi ga bisa di awasi. Posisi tas harus di dekap di depan. Peluk tas erat-erat. posisi tangan jangan melulu di atas (sektor dada) tapi juga , bawah tas harus di pegan. soale, daerah ini, daerah gelap, mata pun susah melihat.Ngerti kan ?

3. Waspada dan Jangan Ngelamun.
KRL ekonomi tuh selalu sumpek. Ga sumpek tuh kalo KRL nya KRL balikan dari Manggarai (kalo ke bogor) atau ga, dari depok (kalo mau ke Kota). Karena nya, jangan ngelamun atau bengong. Pasang muka jutek (terutama cewek, KRL ekonomi kan banyak bapak-bapak genit!!) dah gitu, gampang lah waspada dengan orang yang mendekati kalian dengan gerakan mencurigakan. Waspadalah .. waspadalah !!

4. Pergilah dengan berkelompok.
Salah satu ciri keberhasilan copet adalah bergerombol. Mereka bisa naik ber enam sampai sepuluh orang. Makanya imbangi dengan kalian juga, Naik lah bersama-sama. Dengan bersama-sama, maka kalian dapat saling menjaga dan MENGAWASI SEKITAR. Saling ngeliatin barang, bisa lebih aman kan ? Kalau pun sendiri, pasang wajah bolang. Jangan melas banget tapi jangan sok jagoan. Bolang emang gimana sih mukanya.. ?? hehehe... POkoknya hati-hati kalo sendirian naik krl nya.


5. jangan mencolok.
Mencolok mata maksudnya ? Eit.. bukan mencolok gitu, tapi mencolok dalam berpenampilan. Di krl banyak ce yang pakaiannya sopan. kalo kalian cewek , jangan pake ROk pendek, selain bikin saya ga bisa nengok kemana-mana, seperti itu bisa mengundang syahwat. Pakaian yang bener, jangan pake jaket kalo siang bolong, logikanya panas bung !! jangan kebanyakan gaya, cukup si pengamen saja yang bergaya. Kalo mau gaya, mending naik Eko AC atau Pakuan aje.!!

6. Jangan Suka ngobrol ma Orang asing
Saya tahu orang indonesia tuh ramah-ramah. tapi mbok yo jangan terlalu dekat dengan orang asing, apalagi bagi kalian yang frekuensi naik KRL nya rendah. Sebulan juga belum tentu 2x.Jangan salah, orang gila juga naik KRL loh..!! hahahaha...

7. Mending berdiri dari pada duduk.
HAHAHAHA... point ini kontroversial. Saya juga ngga ngerti, kenapa enakan diri dari pada duduk. alesannya :
- duduk pasti ga tenang. Pa lagi banyak ibu-ibu bawa anak. Masa ga gantian, orang yang ga punya otak doang yang ga mau gantian.
- duduk pasti di mintai pengamen. Okelah kalo ga di kasih pergi, kadang-kadang ada pengamen yang maksa, ampe ga di kasih malah ngotot. ntar kalo ada fotonya saya upload. biar kalian tahu yang mana pengamennya.
- duduk pasti susah turun. Jam padat jam gila. buat ke pintu keluar aja mesti repot. serius! Kalo tujuan akhirnya jakarta kota sih gapapa. Tapi kalo turun POcin atau UI, duduk, wuh.. "riweuh" kang..

selain itu, ada untung nya juga, mau tahu :
- Duduk aman dari tekanan luar biasa dari luar.
- Duduk bikin ga pegel, tapi kalo kelamaan pegel.
- Duduk lebih aman dari copet.
- Duduk lebih aman dari colek-colek atau "pemanfaatan kesempitan" bagi cewek.
- Duduk itu bisa tidur.

HEhehe,,, naik KRL emang unik. Kalo ga percaya naik aja, Naik KRL tuh ada jadwalnya, hehe.. sekarang jadwal keberangkatan dah berubah semenjak 1 April. Perusahaan yang menangani KRL Jakarta bogor juga udah bukan KAI lagi, tapi PT. Commuter. LAgi banyak KRL jenis AC yang baru loh..!! Asal tahu saja, untuk jenis Ekonomi, krl itu berasal dari Jerman, sedangkan untuk jenis yang ada AC nya, dari Jepang. Dengernya ada yang hibah, ada yang beli, tahu deh yang bener yang mana. Sekalipun, dengan cara diatas dirasa sudah lengkap, tapi saya berharap, kalian tetap berhati-hati. Buat cewek, jangan jauh-jauh dari pintu, tapi jangan di pintu juga. Kalo pacaran / pacarnya bareng naik kreta, Jangan sekali-kali mencoba buat mesum. TOLOL banget saya liatnya. NORAK kata emak-emak, hehehe.. udah ye, hati- hati naik KRL, jangan lupa beli TIKET, wajib.

Nanti saya bakal posting lagi tentang Ciri-ciri kondisi Penghuni Stasiun dari BOgor ampe Manggarai. OKE !!! selamat travelling!!

3 Komentar:

Anonymous said...

Alus euy informasi na bro..Semoga membantu teman-teman yang suka naek krl atau yang baru "belajar" naek KRL, :)

Regards

Prince on May 21, 2010 at 1:26 PM said...

Saya pernah mengalami hal buruk di dalam KRL ekonomi sebagai penumpang KRL lintas Jabotabek, yang mana saya hampir jatuh dari dalam KRL akibat ulah beberapa penumpang yang duduk di lantai (dikenal sebagai lesehan) yang tiba-tiba melakukan gerakan menghindar secara mendadak.

Hati-hati juga dengan ponsel di kantung Anda jika Anda memilih untuk berdiri saat padat penumpang, karena pencopet saat ini sudah bisa mengenali ponsel hanya dengan meraba dari luar.

Karyo on May 31, 2010 at 3:17 PM said...

Wah, kisah mbah prince bisa jadi pelajaran untuk kita semua. untuk yang lesehan biasanya penumpang KRL ac ekonomi dan pakuan tuh..

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan, Jangan pake SPAM ya!!! terima kasih !!

 

Term of Use

Beberapa artikel dan postingan yang ada disini murni hasil tulisan tangan dari saya, pembaca dapat menggunakan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber artikel.

Download Chrome

Use Chrome, Better browser!

Popular Posts