4/21/2010

Optimialisasi SEO


Selamat pagi, siang dan malam. Sepuluh orang telah mendatangi saya dan meminta sesuatu. Permintannya sama, bagaimana saya bisa membuat blog semut Hitam saya , yang sebelumnya lusu dan tak menggairahkan, menjad sebuah blog yang memiliki Page Rank 3 ( mungkin akan naik lagi ? ) dan memiliki design yang bagus. Semua itu hendak saya utarakan , bagaimana membuat sebuah blog itu bukan hanya sebagai web log yang berisi content yang anda copy paste dari web lain untuk memenuhi tugas kuliah anda atau hanya sekedar "punya-punyaan" saja.

Namun sebelumnya, berhentilah membaca sampai bawah, jika anda tidak berniat untuk serius, menjadikan blog anda sabagai wakil "pikiran" anda, dan menjadi kan blog anda bagus. Artikel saya hanya ditujukan untuk mereka yang mau belajar dan memang haus informasi. Tak lebih berharga, sesuatu ilmu dari orang yang telah berpengalaman.

Dari puluhan ebook seo yang saya baca, dengan halaman yang tebal-tebal dan berbahasa Inggris pula. Saya kepikiran untuk menarik garis lurus dan semua ebook itu, istilahnya - merangkum - isinya, biar lebih dimengerti oleh saya yang awam bahas inggris. Mungkin, anda pernah menemui sebuah sales pages ( halaman web untuk berjualan) tentang SEO. Mereka menjual jasa atau bahkan produk untuk dapat mem Boost (apa ya, dalam bahasa kita .. ? ) em... mem roket kan web kita di dalam hasil pencarian dari SE (search Engine). Buat saya, itu SUCK !

Anda tidak perlu mengeluarkan ratusan $ untuk membuat web/blog anda meroket dan berada di puncak hasil pencarian. Dengan modal belajar, dan ke uletan, anda bisa meningkatkan traffic blog anda 98% dari SE. Ikuti kiat nya disini.

1. Kebanyakan blogger, menggunakan teknik copy paste pada awal pembuatan blog. Sedikit catatan. Untuk mereka yang baru membangun situs/blog, sebaiknya hindari jalan pintas copy-paste ini. Kemungkinan situs yang baru dibangun itu nanti kesulitan mendapatkan posisi bagus di mata mesin pencari (search engine) akibat terkena masalah konten ganda (duplicate content penalty). Bila situs/blog sudah mendapatkan posisi bagus dan dianggap sebagai sumber yang otoritatif oleh mesin pencari, sepertinya isu duplicate content bisa sedikit dilanggar. Anda tahukan ? Mengapa hingga kini blog anda semakin tenggelam di SE ?

2. Buat konten yang informatif, Up to date, bermanfaat, dan banyak dicari orang. Intinya: buatlah sesuatu yang layak kunjung (worth visiting). Supaya saat pengunjung singgah di situs kita, mereka merasa waktunya tidak percuma.

3. Perindah design blog anda, karena itu Penting. Ibarat sebuah ruangan. Orang akan lebih betah bila berada di ruangan yang rapi nan bersih daripada di tempat ang semrawut lagi kotor. Begitu juga dengan situs, pengunjung tentu lebih nyaman berlama-lama di situs yang desain/layout-nya menarik. Akibatnya, jumlah page view meningkat dan probabilitas iklan adsense mendapat klik juga bisa naik. Muaranya, kemungkinan besar earning juga akan meningkat.

4. Update lah konten secara rutin dan tertib (unik, jangan lupa itu..). Ratusan juta blog muncul dan tenggelam tiap menit. Jika anda memiliki blog dengan conten yang usang, sulit mesin pencari untuk mecari blog anda.

Dari keempat metode sederhana itu, pelan-pelan blog anda mempu merayap keatas dan mampu menjadikan blog anda banjir akan pengunjung. Kebanyakan blogger yang memiliki blog mengutamakan blog barunya agar lebih cepat terindex oleh segala macam jenis SE. Baca disini untuk cara terindex dengan Google dan SE lainnya.

Semoga anda dapat mempelajari teknik diatas, ingat, SEO hanyalah cara agar blog anda memiliki tempat yang bagus di SE, tempat yang bagus = pengunjung yang banyak . Semua perlu waktu, jadi bersabarlah dan terus SEMANGAT !!


Thanks for, Cosaaranda from his eBook, and My experiences. :D

1 Komentar:

AGUS said...

kalo mau di minta bantuan, bisa ga mas ?

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan, Jangan pake SPAM ya!!! terima kasih !!

 

Term of Use

Beberapa artikel dan postingan yang ada disini murni hasil tulisan tangan dari saya, pembaca dapat menggunakan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber artikel.

Download Chrome

Use Chrome, Better browser!

Popular Posts