4/10/2010

Membuat Blog menjadi lebih indah

Membuat Blog yang nyaman dan sedap dipandang

AKhir-akhir ini saya melihat banyak blog yang sudah saya kunjungi, masih banyak memiliki kekurangan. Saya pun memfokuskan untuk belajar banyak dari setiap blog yang saya kunjungi. Saya belajar tentang kenyamanan saya ketika mengunjungi suatu blog, tentang desain, interaktif, atau tentang upaya blog tersebut untuk mengajak pengunjungnya berkelana lebih dalam di blog tersebut.

Akhirnya, saya lebih berkonsentrasi terhadap hal-hal yang saya katakan diatas, dan saya pun mencoba untuk menganalasi semau fakta-fakta yang saya temukan, (cie.. bahasa nya kaku banget ya, dari atas.. hehe :) ) Iseng-iseng, saya kumpulkan informasi - informasi dan akhirnya saya dapatkan semua, jadi saya ga sabar buat posting di blog saya. Lagi pula, ini juga bagus buat pemula atau bahan pertimbangan buat master" blog CMS.

Warna Blog

Tat kala sebuah gambar di katakan menarik bila memliki kombinasi warna yang baik dan tidak menyiksa mata. Begitu juga blog kita, sebelum di publish untuk orang lain lihat, sebaiknya blog yang kita buat itu, kita perhatikan dengan seksama, apakah mata saya tersiksa, atau adakah kombinasi back ground dan front ground warna sudah cocok?

PIlihlah warna yang menyejukkan, dimana ketika browser (manusia) telah lelah mengunjungi banyak situs, ketika samapi di blog anda, sang browser tersebut merasa nyaman dan betah, ditambah isi blog anda yang adalah hasil tulisan anda sendiri. Warna hitam atau abu-abu menjadi pilihan warna yang menenangkan, tidak panas dan tidak terlalu "ramai". Pelajari kode warna , seperti #FFFFFF yang berarti putih , atau #00000 yang bermakna hitam pekat. Anda dapat mengetahuinya dengan bantuan software grafis , seperti Corel, atau Photoshop.

Tata Letak (LAY OUT)

Bagaimana pun mahalnya sebuah rumah, jika memiliki tata letak yang buruk, sudah dipastikan rumah itu minim pembeli, berbeda dengan rumah sederhana, tapi memiliki tata letak yang pas dan nyaman, pasti rumah itu banyak yang menaksir. Tidak berbeda dengan blog, terdapat ratusan Juta blog gratis tersebar di sana, tidak sedikit yang memiliki design tata letak buruk , dan tidak sedikit pula yang berdesign rupawan dan nyaman. Tata letak menjadi urutan nomor dua, setelah warna. Menurut saya, banyak nya bloger yang tidak perduli akan tata letak dan kurang mau nya belajar tentang ESTETIKA keindahan.

Penggunaan gambar yang tidak sesuai dengan ukuran blog , dapat merusak mata. (wah ??) artinya, ketika suatu blog dengan content yang original, tapi disi dengan design yang kurang pas, saya rasa blog itu kurang beruntung saja. Optimalkan blog anda dengan konsep dan ukur kemampuan anda. pergunakan theme atau tema blog yang lebih up to date, pergunakan READ MORE untuk postingan anda, karena akan menghemat waktu load blog anda, disamping itu, blog anda akan lebih rapih. Jika anda banyak menggunakan widget, pergunakan 3 kolom. banyak theme blogspot atau wordpress yang menggunakan 3 kolom.

Widget

Kurang pas, jika dinding kamar kita tidak di pasang jam dinding. Walaupun kita sudah memilki handphone dengan jam, atau kita telah mempunyai jam tangan, tetaplah jam dinding kita harus pasang di kamar kita, Jam dinding di kamar tak ubahnya Widget untuk blog. Widget aslinya berfungsi untuk memperindah blog kita, atau berfungsi sebagai indikator sesuatu atau hanya sebagai penghias. PIlih widget yang sesuai dengan kebutuhan, jangan mengotori kolom kosong anda dengan widget ga penting. Sesuaikan ukuran widget dengan ukuran kolom anda.

Jika anda ingin blog anda ingin di komentari atau di singgahi, pasang widget shout box atau widget buat ngobrol, biasanya widget ini berfungsi untuk menambah jumlah pengunjung anda. Baca disini untuk memasang shout box. Setelah anda memasang berbagai widget, review lagi tampilan blog anda, jika harus belajar CMS atau Java Script, belajarlah, tidak ada salah nya belajar sesuatu yang baik. Dengan ilmu anda , bisa jadi blog anda merupakan hasil tema yang anda bagun, atau anda dapat merubah widget sesuai dengan pilihan anda sendiri.

Ads area


Hampir 30 iklan muncul ketika saya sedang menyaksikan OVJ di Trans7, dengan rating yang cukup tinggi, acara komedi itu memiliki sponsor yang cukup banyak, hingga produk sponsor pun sampai mampir di panggung. Pernah anda menemui blog teman anda yang banyak sekali iklan lokal nya atau dengan iklan dari Google, Yahoo! atau MSN ? Saya sering menjumpai blog yang seperti itu, jika di analisa dan diamati, antara content dan iklan 1:2. Artinya, lebih banyak iklan 1 tingkat dari pada kontent itu sendiri Kebanyakan Blogger Indonesia, masih belum memisahkan persepsi antara blog untuk bisnis dan blog untuk jurnal pribadi. Kadang saya berfikir, iklan banyak - banyak pengunjung nya malah sedikit. atau .. jangan - jangan , iklan banyak itu untuk blackhat ? Entahlah,

Ssaran saya , sebaiknya jika anda hendak memberi sentuhan iklan ,cari tukang iklan yang cukup menguntungkan, seperti Kumpul blogger, atau klik saya, jika blog anda menggunakan bahasa Inggris, daftar kan segera untuk mengikuti program periklanan milik Google, (google adsense) atau Yahoo! ? banyak pilihannya, asal, anda harus melihat tampilan iklan anda, apakah mengganggu, atau menguntungkan. Untuk ads area, tempatkan di tempat yang strategis atau rawan klik, seperti dibawah judul, seperti blog ini, atau di sebelah kanan dekat kolom Tags (label), setiap pengiklan memiliki aturan yang berbeda-beda.

Huruf, Jenis dan warna

terakhir, huruf , yang di baca oleh browser, memiliki pengaruh yang sangat besar dengan keindahan blog anda. Jangan asal, dan jangan berfikir tentang diri anda sendiri, jika menurut anda sudah bagus, belum tentu bagus untuk orang lain. Tanya lah orang lain untuk menambah ilmu anda,

Saran saya, jangan lah sombong untuk tidak bertanya, pahami bagaimana warna huruf bisa membuat pembaca betah, warna putih dengan background hitam adalah warna yang pas, atau sebaliknya, Hindari warna yang pedih di mata, seperti orange dengan background warna ungu atau biru. untuk merubah warna , anda dapat mengubahnya di html editor untuk blogger/wordpress. Atau, bertanya lah kembali jika anda masih kurang yakin.

Diatas, hanya lah beberapa tips saja menurut pribadi saya, jika anda memiliki poin lain yang dirasa lebih , silahkan komentari postingan ini, mari kita diskusikan bersama. Jangan lupa, selain indah, blog anda harus ringan. Dari 10 browser 7 diantaranya tidak suka dengan situs yang dibuka nya lama. Pelajari bagaimana blog anda harus lebih ringan lagi.

Jangan malas untuk bertanya, emm.. tips diatas sebetulnya untuk blogger yang serius saja, hehehe..

Selamat ngeblog !!!

0 Komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan, Jangan pake SPAM ya!!! terima kasih !!

 

Term of Use

Beberapa artikel dan postingan yang ada disini murni hasil tulisan tangan dari saya, pembaca dapat menggunakan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber artikel.

Download Chrome

Use Chrome, Better browser!

Popular Posts