2/08/2010

Kecil itu penting.



Ungkapan "kecil itu indah" barangkali akan lebih berguna bila ditambahi "kecil itu penting". Peribahasa mengatakan, langkah besar selalu diawali dengan langkah kecil. Sebaliknya, malapetaka dahsyat pun tak jarang dikarenakan kelalaian kecil. Tak percaya ? Beberapa tahun yang lalu, koran The WallStreet Journal pernah mengisakan pelajaran berharga bagaimana sikap menyepelekan hal kecil bisa-bisa mendatangkan kerugian besar.

Seorang mekanik yang sedang bekerja di bawah sebuah pesawat. menemukan lubang kecil di WC penemupang di bagian depan. Namun, ia lebih mengedapankan perbaikan pada peralatan canggih di bagian mesin utama yang menyebapkan tertundanya jadwal penerbangan pesawat. Ia beranggapan, perbaikan kebocoran kecil itu toh nanti biasa di lakukan setelah pesawat mendarat di bandara berikutnya.

Pesawat pun lepas landa. Apa yang terjadi? Bocoran air dari kamar mandi itu terus menetes. nah, karena suhu diluar pesawat amat dingin, teteaan iar itu menjadi sebongkah batu es. Di tengah kecepatan laju pesawat 650 mil/jam, bongkahan es itu lepas dari badan pesawat dan menghantam mesin. Akibatnya sungguh luar biasa. Bongkajhan es itu merusak dan merobek badan pesawat.

Kali ini pesawat terapksa mendarat darudat di bandara terdekat. Petugas pemeriksa menemukan bahwa bagian yang ternayat menghindarkan pesawat dari malapetaka yang lebih dahsyat adalah sebuah ring pentutp dari karet. Bayangkan, lantaran mengabaikan hal kecil, nyawa sekitar 100 orang dipertaruhkan dan mesin seharag 1 juta dollar rusak.

0 Komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan, Jangan pake SPAM ya!!! terima kasih !!

 

Term of Use

Beberapa artikel dan postingan yang ada disini murni hasil tulisan tangan dari saya, pembaca dapat menggunakan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber artikel.

Download Chrome

Use Chrome, Better browser!

Popular Posts