2/14/2010

I, ROBOT The Movie, Interaksi Manusia dan Robot.

Sebuah film science-fiksi yang disutradarai oleh Alex Proyas, dan dibintangi serta di proseduri langsung oleh aktor film aksi terkenal, Will Smith dan ditemani artis cantik Holliwood,  Bridget Moynahan, menyuguhkan sebuah cerita yang di balut dengan fiksi ilmiah. Dengan latar belakang kota Chicago tahun 2035. Mengetengahkan cerita yang lebih menonjolkan interaksi manusia dan robot, dimana robot - robot pembantu manusia ini mempunyai 3 hukum yang tertanam di setiap chip di kepalanya, isinya :

Law 1
A Robot may nor injure a human being or through inaction, allow a human being to come to harm.

Law 2
A robot must obey orders given it by human beings except where such orders woulds conflict with first law.

Law 3
A robot must protect itis own existence as long as such protection does not conflict with the first or second law.

Dari ketiga hukum ini lah, cerita ini berkembang. Saya akan mereview fillm dengan sudut pandang interaksi manusia dengan komputer, dalam hal ini adalah robot, sehingga saya tidak mengomentari seluruh isi dari film ini.

Semuanya di awali dari terbunuh nya Dr. Alfred Lanning, sang pencipta robot-robot itu, dan dia juga lah yang menciptakan 3 laws itu. Detective Spooner (Will Smith) ditugaskan untuk mencari sebab kematian Dr. Lanning. CEO dari USR (Pabrik Robot US), Lawrence Robertson. mengirimkan Dr. Calvin (Bridget Moynahan) untuk menemani sang detektif menginvestigasi kasus ini. Tidak ada yang percaya atas pernyataan Spooner, yang mengatakan bahwa Kasus ini bukanlah bunuh diri. Melihat kondisi dr. Lanning yang seakan "terjun" bebas dari tempat kerjanya, padahal pintu itu terkunci dari dalam. Detektif Spooner adalah salah satu orang yang membenci robot, karena sang detektif mempunyai pengalaman pahit dengan robot.

Interaksi Spooner terhadap sang pembunuh mulai terlihat, ketika sang detektif mulai menggeledah kantor dr. Lanning. Dugaan spooner benar, bahwa pembunuhnya masih berada di dalam kantor, dan dia adalah sebuah robot. yang belakangan diketahui bernama Sunny.

Seluruh keamanan kota Chicago, di program oleh VIKI (Virtual Interactive Kinetic Intelligence) yang merupakan ciptaan dr. Lanning pertama. Termasuk keamanan dalam gedung USR. Salah satunya adalah interaksi dr. Calvin saat hendak menggunakan seluruh askes pintu serta akses apapun, adalah dengan "berbicara" dengan VIKI.

Tidak hanya dalam gedung, dalam kendaraan, tv, ruangan atau sebagainya, komputer di gunakan dalam menjalankan segala aktifitas nya, dimulai dengan perintah suara, sehingga manusia akan tampak berbicara terlebih dahulu dengan perangkat keras yang akan mereka pergunakan.

Pada film ini pula, selain manusia yang berinteraksi dengan perangkat keras mereka, para robot (termasuk perangkat keras) juga dapat berinteraksi dengan sesama robot atau dengan manusia, karena telah ditanamkan secara masal oleh dr. Lanning untuk dapat berinteraksi dengan manusia atau robot lain. Pada beberapa waktu, para robot ini akan menanyakan, "apa yang dapat saya bantu/ lakukan?" atau menyapa di pagi hari, "Good morning sir, have a nice day !".

Kembali ke cerita, terbunuhnya dr. Lanning ini membawa dr. Calvin dan detektif Spooner kedalam sebuah cerita yang mereka tidak percaya. Sunny, sang robot tersangka itu mengatakan bahwa dia dapat bermimpi, dan mempunyai perasaan seperti layaknya manusia. Takut, marah, Panik adalah beberapa perasaan Sunny. Contohnya ketika Spooner mengintrogasi Sunny, dan menanyakan kenapa dia membunuh dr. Lanning secara berulang-ulang, sunny berteriak tidak dan menggebrak meja di depannya.

Kenyataan ini tidak dapat diterima begitu saja oleh dr. Calvin, hingga ia menemukan perbedaan dalam otak dan badan Sunny ketika melakukan eksekusi "mati" untuk Sunny,ia melihat sunny mempunyai "otak" dan "hati" yang ditanamkan di sunny. otak dan hati ini merupakan salah satu komponen yang terdapat pada viki.

Cerita ini sungguh menarik buat saya, interaksi manusia dengan komputer nya sungguh sangat terasa, terlebih pada suatu adegan dimana semua robot lama di gantikan dengan jenis robot baru dengan kode NS-5. Di promosikan sebagai robot yang lebih canggih, lebih patuh dan lebih mengesalkan bagi Spooner.

Klimaks film ini terdapat pada adegan dimana spooner menemui dr. Lanning secara hologram, sebuah interaksi yang sangat luar biasa, mengingat dr. Lanning telah meninggal. Hologram projector yang berbicara dengan Spooner adalah "a very simple programmes, It's just pre-recorded responses" itulah kira-kira pengertian dari Lawrence.

Kemudian robot-robot yang di ciptakan dr. Lanning - dengan perintah dari VIKI - melakukan tindakan yang mengejutkan. Menurut dr. Lanning, dalam obrolannya dengan Spooner saat ia mendatangi gudang robot-robot lama, mengatakan,"Dengan acuan 3 law itu, akan menghasilkan satu outputan, yaitu revolution.". Seketika itu, semua robot NS-5 yang awalnya berinteraksi dengan manusia sebagai pembantu pekerjaan berubah.

3 LAW yang di idekan oleh dr. Lanning ternyata menjadi senjata makan tuan, dengan melihat kenyataan di lapangan, ternyata manusia sering melakukan pelanggaran, yaitu melukai manusia lain. Dengan melihat peraturan pertama, dimana robot dilarang melukai atau menyelamatkan manusia, maka robot berhak menghilangkan nyawa orang lain sebagian. kira-kira begitu lah, sulit untuk di ungkapkan dengan kata-kata. Intinya, robot-robot itu berinteraksi dengan manusia dengan "cara" yang berbeda dengan sebelumnya, yatu dengan kasar dan memaksa.



Hanya tersisa Spooner, dr. Calvin, dan Sunny. (dr. Calvin tidak mematikan sepenuh nya Sunny, karena dia yakin sunny punya alasan kenapa membunuh ayahnya (pencipta) sendiri). Singkat cerita, Spooner dapat memasukkan suatu cairan kedalam otak VIKI, yang menyebapkan system down. Walaupun ketiga nya dikepung oleh pasukan robot NS-5 yang jumlahnya 1000an itu. Setelah mampu men - shutdown VIKI, seluruh robot yang menjadi "gila" kembali normal.



Akhir cerita yang bahagia, sunny dan robot-robot lain dimasukkan kedalam countainer dalam area gudang. film pun selesai. Sebetulnya banyak adegannya, film ini pun berduarasi 1 jam 40 menit. terlalu panjang, sehingga saya hanya mengulas interaksi apa saja yang di lakukan manusia dengan komputer atau sebaliknya.

Jika anda sempat mampir ke Mall, anda dapat membeli DVD nya di toko DVD, atau beli di toko DVD bajakan. Agak susah memang, karena mengingat ini merupakan film lama.

banyak yang unik, bermanfaat dan original hanya di BlackAntzz !

0 Komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan, Jangan pake SPAM ya!!! terima kasih !!

 

Term of Use

Beberapa artikel dan postingan yang ada disini murni hasil tulisan tangan dari saya, pembaca dapat menggunakan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber artikel.

Download Chrome

Use Chrome, Better browser!

Popular Posts