2/06/2010

Diskusi bukan debat kusir


Banyak orang paham bahasa bahwa diskusiadalah tradisi yang baik dan patutdi kembangkan. Socrates bahkan menemukan kebijaksanaan dengan berdiskusi dan berdialog setiap waktu. Siapapun yang berdialog dengannya dipaksa menggunakan logika dan akal sehat.

Sayangnya, ajang adu argumen ini sering menjadi arena debat kusir. Suasanan menjadi panas dan tidak nyaman. Nah, agar hal tiu tidak terjadi, ada beberapa kiat berdiskusi :
# Tentukan tema atau ketahuilah topik yang akan didiskusikan. Dengan menentukan atau mengetahui pokok pembicaraan maka kita daoat mempersiapkan segala sesuatunya.
# Batasi perserta diskusi dengan hanya menyertakan orang-orang yang berkompeten. Pembatasan ini dikalkukan untuk menajamkan persoala, menghemat waktu, dan menghindari pertanyaan atau usulan yang tidak relevan.
# Agendakan atau alokasikan waktu dengan efektif dan efesien.
# Bila dirasa perlu hadirkan moderator atau narasumber.
# Bekali diri anda dengan kemampuan logika, seni berbicara, dan literatur pendukung.
# Niatkan berdiskusi untuk mendapatkan kebenaran, bukan kemenangan.

Kalau itu di jalankan, niscaya diskusi bisa menjadi sangat produktif dan perbedaan pendapat akan menjadi ketegangan yang kreatif.

Banyak hal yang menarik, unik, dan original, Semua bermanfaat untuk anda. Kunjungi http://blackantzz.blogspot.com

0 Komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan, Jangan pake SPAM ya!!! terima kasih !!

 

Term of Use

Beberapa artikel dan postingan yang ada disini murni hasil tulisan tangan dari saya, pembaca dapat menggunakan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber artikel.

Download Chrome

Use Chrome, Better browser!

Popular Posts