8/25/2010

Cara Membuat CV (Curiculum Vitae) Secara Online

Cara Membuat CV (Curiculum Vitae) Secara Online


Anda mau bikin CV secara online? Ada caranya….CV itu nantinya bisa disimpan dalam format PDF atau di share di Facebook. Saat mencari kerja. Kita kudu “jual diri”. Sebuah tips bagi pelamar kerja menyebutkan hal itu. Ada tambahannya yakni “jual diri secara jujur”. Maklumlah, CV memang jadi andalan baik bagi pencari kerja maupun pemberi kerja. Pencari kerja mengandalkan CV-nya untuk meyakinkan pemberi kerja, sedangkan pemberi kerja mengandalkan CV untuk mengetahui informasi singkat tentang si pencari kerja.

Bikin CV memang bukan perkara sulit. Microsoft Word bisa diandalkan untuk membuat CV. bahkan secara khusus, Microsoft menyediakan template untuk membuat CV dengan aplikasi pengolah kata di paket Office itu.

Orang yang enggak punya Word, bukan berarti tidak bisa bikin CV meskipun banyak perusahaan yang meminta CV dikirim dalam format dokumen Word, yakni DOC. Kita bisa bikin CV denga piranti lain. Adobe Photoshop atau Adobe InDesign pun bisa dipakai. Bahkan aplikasi sederhana seperti Wordpad pun bisa, Ehh, secara online juga bisa.

Salah satu web yang bisa membuat CV secara online adalah CeeVee. Alamat situs web-nya http://ceevee.com. CV bisa dibuat secara online, kita tinggal klik-klik dan ketik-ketik. Saking gampangnya, dihalaman utama situs CeeVee tertera tulisan kalau waktu yang dibutuhkan untuk sign-up cuma semenit.

Sudah begitu, di CV di CeeVee dapat diekspor jadi PDF. Sayang enggak bisa langsung jadi DOC. Tapi, tak masalah. Format PDF juga jadi format yang “halal” untuk dikirim.


Langkah-langkah membuatnya sebagai berikut:

1. Klik “Start here, it’s free”

2. Masukkan e-mail dan password berikut alamat yang diinginkan. Klik “Create My Account”.

3. Klik “Upload Image”. Ketika tombol “Choose image” muncul, klik disitu. Jelajah isi hard disk untuk mencari file foto. Klik “Open”, lalu klik “Save”. Foto kitapun muncul disitu.

4. Klik “Firstname”, isikan nama depan. Jangan lupa klik “OK”. Klik “lastname”, isikan nama keluarga. Terus klik “OK”.

5. Teruslah mengisi segala informasi. Jangan lupa klik “OK” atau “Save” yah. Kalau tidak, kita harus isi ulang lagi.

6. Standarnya, CeeVee memiliki bagian “Summary”, “Skills”, “experiences”, dan “Studies”. Kita bisa tambah. Lihat menu “Section” di kanan. Ada menu drop-down, bukan? klik menu itu untuk menambah bagian baru di CV.

7. Gaya CV bisa diganti dengan mengubah bagian “Theme”. Sayang. cuma ada 3 gaya yang disediakan CeeVee.

8. Kepingan CV bisa dilihat orang? ubah “Private” jadi “Public” dengan mengklik tombol di bagian “Publish”.

9. Oh iya, CV yang sudah dibuat bisa disimpan sebagai PDF agar bisa dikirim-kirim. Tinggal klik “Save as PDF” saja. Kalau mau langsung cetak, klik “Print”.

10. CV juga bisa di-share langsung di Facebook dan Twitter

11. Kita juga bisa share CV di situs web yang kita punya. Coba deh klik “Share & Promote” yang ada dibaris menu sebelah atas. Nah, kita bakal dikasih kode-kode yang bisa menampilkan sebuah ikon. Pilihlah ikon yang disuka, lalu copy paste dibawahnya. Selipkan kode di kode situs web.

Sudah selesai….Memang cuma begitu saja cara bikin CV secara online. Semoga sukses pas cari kerja.
so tunggu apa juragan sekalian silahkan mampir aja kesono yeee.....

1 Komentar:

rizqialextoramadhan on August 31, 2010 at 8:59 AM said...

boleh jg tuh bro

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan, Jangan pake SPAM ya!!! terima kasih !!

 

Term of Use

Beberapa artikel dan postingan yang ada disini murni hasil tulisan tangan dari saya, pembaca dapat menggunakan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber artikel.

Download Chrome

Use Chrome, Better browser!

Popular Posts