12/19/2016

Social Media Marketing untuk Online Shop


Apa sih Social Media Marketing? Definisnya adalah suatu bentuk promosi melalui media digital. Sosial media digunakan untuk membangun keterikatan dengan konsumen. Juga, sosial media memiliki fitur-fitur unik yang memungkinkan terjadinya percakapan untuk membentuk word of mouth (dari mulut ke mulut) dengan mengklik tombol Share, Like dan Re-tweet (contohnya seperti yang terdapat pada Facebook dan Twitter). Dengan melakukan mention dan tag kepada teman di sosial media, kita juga dapat berbagi informasi dan opini. Melalui sosial media yang mereka miliki, mereka dapat mengetahui yang hal yang sangat penting yang ingin didapat oleh konsumen mereka serta masukan yang dapat mereka gunakan untuk meningkatkan mutu produk dan pelayanan.

Mengapa harus menggunakan social media?

Ada beberapa alasan penting yang harus agan ketahui mengapa perlu memiliki sosial media meskipun agan telah memiliki website bisnis...

Memberitahu kepada khalayak atau publik bahwa Anda memiliki bisnis yang sedang Anda jalankan. Pemberitahuan ini terutama bertujuan untuk menambah jumlah follower atau target pemasaran juga memperkenalkan produk Anda dengan jangkauan yang lebih luas dan biaya yang relatif lebih murah.
Melalui sosial media yang Anda miliki, Anda dapat mengetahui kesan pelanggan atas barang atau jasa yang anda tawarkan secara online. Hal ini sangat baik untuk memperoleh feedback yang cepat sehingga Anda dapat meningkatkan kualitas serta dapat mengantisipasi bila terdapat komentar negatif yang dapat merusak reputasi Anda dan bisnis Anda. Anda juga dapat merespon komentar positif dengan mengucapkan terima kasih telah menggunakan produk Anda sehingga testimoni pelanggan dapat tersebar dan dibaca oleh calon konsumen yang baru.

Sosial media menawarkan komunikasi lebih interaktif dengan follower atau pengguna produk Anda.
Iklan konvensional lebih mahal daripada iklan di sosial media. Di sosial media Anda dapat menentukan durasi waktu iklan, jangkauan dan berapa follower yang Anda inginkan sesuai budget yang dimiliki. Misalnya Facebook dengan aplikasi boosting page atau post.
Sosial media menawarkan kepada Anda kemudahan untuk meluncurkan produk baru atau memberitahukan upgrade produk yang Anda sedang pasarkan. Anda dapat mengundang pelanggan untuk mencoba produk baru tersebut sekaligus memberikan feedback yang dapat menarik follower lainnya untuk mencoba hal yang sama. Bahkan anda dapat menawarkan hadiah atau rewards khusus bila ada follower sebelumnya dapat mengajak follower baru untuk mencoba produk tersebut.

Apa saja jaringan sosialnya?

- Facebook
Facebook saat ini jaringan sosial terbesar di planet ini dengan lebih 1,18 miliar pengguna aktif setiap hari dan 1,79 miliar pengguna bulanan.
Facebook akan dianggap platform koneksi sosial, yang berarti bahwa orang masuk secara teratur untuk memeriksa dan melihat apa yang teman-teman mereka dan keluarga yang sampai.
Jenis konten yang melakukannya dengan baik di Facebook termasuk video pendek, gambar, meme, dan kutipan.
Facebook adalah salah satu platform terbaik untuk mendapatkan konten untuk pergi virus karena tingkat tinggi visibilitas dan umur panjang dari pos ketika dibagi di antara kelompok.

- Twitter
Twitter terkenal karena batas 140 karakter dan pengenalan hashtag. Sejak Twitter memberikan konten untuk para penggunanya berdasarkan kronologis (bukan berdasarkan keterlibatan, seperti Facebook tidak), konten di Twitter memiliki umur lebih pendek jika dibandingkan dengan Facebook. Konten yang tidak baik di Twitter termasuk peristiwa saat saat, posting teks, dan bagaimana-untuk posting.
Kita lihat grafik ini yang menunjukkan jumlah total retweets untuk bagaimana-untuk posting vs jenis lain posting.

- Instagram
Instagram adalah platform visual terkenal karena filter yang bagus, mudah digunakan, dan jaringan penggemar fotografi senang untuk berbagi foto terbaru mereka.
Konten yang tidak baik pada Instagram cenderung konten visual menarik dari hal-hal seperti makanan, wisata, desain, dan fashion.
Sejak Instagram memiliki seperti basis pengguna yang besar yang suka menelusuri foto, benar tagging foto dengan hashtag yang relevan dapat menjadi kunci untuk mengemudi keterlibatan.

- Pinterest
Pinterest adalah platform yang memungkinkan pengguna untuk menemukan dan "pin" Foto yang mereka ingin menyimpan untuk nanti. Pengguna dapat pin beberapa foto untuk papan yang berbeda untuk membantu mengelola dan mengkategorikan konten favorit mereka. Papan ini kemudian dapat dibagi di antara para anggota masyarakat.
Demografi pengguna Pinterest cenderung perempuan yang akan menjelaskan mengapa konten yang berhubungan dengan fashion, kebugaran, baking, dan desain interior melakukannya dengan baik pada platform.
Pinterest juga cenderung menjadi platform aspiratif, yang berarti bahwa karena orang menjepit item favorit mereka, dapat menjadi kesempatan besar bagi merek untuk menampilkan produk terbaik mereka sebagai "daftar keinginan" untuk penonton Pinterest.

- LinkedIn
LinkedIn adalah jaringan sosial yang didedikasikan untuk menghubungkan semua profesional di dunia.
Ini adalah tempat di mana orang pergi untuk memperbarui resume mereka, menemukan peluang baru, dan terhubung dengan rekan dan profesional industri lainnya.
Karena itu, konten yang tidak terbaik di LinkedIn cenderung industri tertentu konten, konten pada produktivitas, dan jenis-jenis bahan pengembangan pribadi dan karir.

Bagaimana strateginya ?


Jika agan sudah paham cara penggunaan tiap platform dan apa yang audiens cari, maka agan bisa membangun strategi media yang akan membantu mencapai tujuan bisnis agan
Secara umum, ada 4 jenis utama dari tujuan bahwa organisasi mungkin mencoba dalam pemasaran media sosial

Meningkatkan kesadaran merek (Awereness)
Mengarahkan lalu lintas situs (Site traffic)
Meningkatkan keterlibatan website (Campaign)
Penurunan churn / retensi pelanggan (After sales)

OS
Diskusi yuk!

0 Komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan, Jangan pake SPAM ya!!! terima kasih !!

 

Term of Use

Beberapa artikel dan postingan yang ada disini murni hasil tulisan tangan dari saya, pembaca dapat menggunakan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber artikel.

Download Chrome

Copyright © 2016 - BlackAntzz is powered by Rhatomi.com - All rights reserved