2/26/2010

[Share] Maen Games Berat Tanpa Graphic Card

Kabar Gembira nih buat suka main game game berat, tapi kompi nya ga support atau malah ga punya vga card, jangan sedih, ga cuma pC aja lho yang ada virtual nya, ternyata Ada Virtual Graphic Card. Penasaran ? Baca dulu yuk..

Semua itu karena software ini, 3D- Anylize. Penjelasannya sbg berikut :

3DAnalyze is a powerful application that allows to play many DirectX based games using video hardware officially unsupported and theoretically unable to run these; in this guide I'will show you how to install and configure 3D-Analyze main settings, depending on the title you want to play.

First let me explain link among video cards generations and supported Microsoft DirectX versions. This point is crucial for us because changing DirectX versions also hardware compatibilty requests change.
DirectX 5.0 and 6.0 Compliant Cards

This category contains video cards made from 1995 to 1999. For example all 3dfx cards, most video cards from Intel, SiS and S3 Graphics.

DirectX 7.0 Compliant Cards

This category includes video cards made from 1999 to 2001. Main features of this generation are: hardware units for Transform and Lightning (T&L) computation, and Bump Mapping support. For example you can think to Radeon 7000, GeForce, GeForce 2, and GeForce 4 MX cards.

DirectX 8.0 Compliant Cards

This category contains graphics controllers made from 2001 to 2003: these have hardware support for pixel and vertex shader up to version 1.3. Ex. GeForce 3, and GeForce 4.

DirectX 8.1 Compliant Cards

This category includes some video cards, mainly by ATI, made from 2001 to 2003 and with hardware support for pixel and vertex shader up to version 1.4. For example Radeon 8500, Radeon 9000, Radeon 9150, Radeon 9250, and XGI volari v3 belong to this set.

DirectX 9 Compliant Cards

This category contains video cards made since 2003. Main features of this generation are: hardware units for pixel and vertex shader up to version 2.0. For example you can think to Radeon 9x00, Radeon Xx00, Radeon X1x00, GeForce 5x00, GeForce 6x00, GeForce 7x00, and XGI Volari V5/V8.

Kalo mau coba, silahkan download dulu disini.
 http://www.3dfxzone.it/files/download/emu_tnl/3danalyzer-v236.zip 

dah gitu Install seperti biasa, kalo udah, sekarang pilih file .exe dari game itu...kalo gak tw..klik kanan dari icon di dekstop >> properties >> find target

sekarang isi dibawahnya VendorID = 4318 dan DeviceID = 816 – artinya kita pake emulator NVIDIA GeForceFX 5900 Ultra graphics card.

Nah...sudah tinggal klik Save Batch File!

Sekarang...run and play the game

NB..perlu diperhatikan resolusi dekstop..sebelum terjadi crash

Referensi
http://www.3dfxzone.it/dir/articles/...ze_user_guide/

Forumnya
http://www.3dfxzone.it/enboard/forum.asp?FORUM_ID=46
Read More ..

2/24/2010

20 ebook Pemrogaman Bahasa Indonesia

15 ebook Pemrogaman Indonesia l 7.77 MB
Dasar pemrograman komputer (untuk pemula)


Buku ini disusun bagi pemula yang ingin mempelajari dasar pemrograman komputer, buku ini terdiri dari Tutorial dan Latihan serta kunci jawaban, sehingga pembaca dapat mencoba tingkat pemahaman materi yang disampaikan.
Algoritma dan Pemrograman Komputer (untuk mahasiswa)


Buku ini membahas tentang kaitan antara program komputer dengan algoritma, didalamnya membahas beberapa topik yang tentang segitiga pascal, bilangan prima, barisan fibonacci, bubble sort, selection sort, insertion sort, shell sort, quick sort, linier search, binary search, interpolation search, hanoi tower, dan n-queen problem.
Pemrograman C++ (untuk mahasiswa)


Buku ini membahas tentang dasar pemrograman C/C++, perbedaan antara C dan C++, pemrograman terstruktur, pemrograman berorientasi objek, array, pointer, array dinamis, struct, class, pengolahan file serta contoh pemrograman games grafik seperti snake, dan tetris.
Dasar Pemrograman Visual Basic


Buku ini merupakan petunjuk step by step bagi pemula yang ingin mempelajari pemrograman Visual Basic, buku ini membahas bahasa VBA, dan Control Standard disertai dengan latihan dan contoh pemakaiannya, anda tidak akan pernah menemukan buku dasar pemrograman Visual Basic ditoko buku manapun yang seperti ini.
Dasar Pemrograman Database pada Visual Basic dengan DAO


Buku ini membahas tentang konsep database .MDB, seperti tabel, primary key query, relationship, serta pemanfaatan data control, dan DAO serta pemakaiannya secara multiuser.
Dasar Pemrograman Database pada Visual Basic dengan ADO


Buku ini membahas tentang pemakaian ADODC, ADO, dan ADOX dalam pembuatan database dan pengolahannya dalam program.
Memahami SQL Statement


Buku ini membahas pemakaian perintah SQL DDL,d an DML untuk pembuatan database, select, insert, update, dan delete.
Pemanfaatan DataGrid dan TrueDBGrid pada VB


Buku ini memberi contoh pemakaian perintah DataGrid dan TrueDBGrid (www.componentone.com) untuk menampilkan database dalam bentuk tabel dengan ADODC maupun ADO, dan pemanfaatan Alternating Row Style, Split, dan FilterBar secara design maupun koding. .
Pemanfaatan Data Report pada Visual Basic


Buku ini membahas tentang pemakaian Data Environment pada VB, pembuatan report dengan Data Report, pembuatan report master dan Detail
Pemanfaatan Crystal Report pada Visual Basic


Buku ini membahas tentang pemakaian Crystal Report pada VB untuk koneksi ke database .MDB, SQL Server, dan Firebird, serta menampilkan report dengan CRViewer, serta Deployment program yang menggunakan Crystal Report yang sering muncul masalah Cannot Open Server.
Database SQL Server pada VB


Buku ini membahas tentang instalasi MSDE, setting, pembuatan Database, Tabel, View, Stored Procedure, Trigger, Backup dan Restore database dengan Enterprised Manager, Query Analyzer, koneksi VB ke SQL Server, koneksi Crystal Report dan SQL Server.
Database Firebird Server pada VB


Buku ini membahas tentang pemanfaatan Database Server Open Source, IBExpert yang cukup populer dikalangan programmer luar negeri yaitu Firebird SQL Server yang dikembangkan dari Interbase, database server ini sifatnya sangat hemat resource, serta menawarkan berbagai fasilitas seperti trigger, dan storeprocedure.
Pemanfaatan ASP untuk web programming


Buku ini membahas instalasi ASP, pembuatan Web Form dengan metode GET dan POST, menangani user request dan response, koneksi ke .MDB dan SQL Server dengan Global.asa, manajemen session dan cookies, serta masalah SQL Injection.
Pemakaian Telkomnet-mail


Buku ini membahas dasar pemakaian telkomnet-mail.
Analisa dan Pengolahan data dengan Excel


Buku ini membahas tentang dasar excel, formula, grafik, sort data, sub total, pivot tabel, goal seek, dan pivot table

Download :
Password PDF : hendrasoewarno

Sumber : http://www.yahoindo.com/ebooks/
Read More ..

2/23/2010

Install Windows dari USB (ga pake ribet)

Mau share program bagus buat yang suka install windows XP/Vista/7, langsung dari flashdiskmu!

Bikin instalasi Windows dari flashdisk sekarang gak pake ribet!

-No download file boot
-No download external file (HP format utilities, dll), lsg bisa diformat dari sini
-Cukup dengan 1 program, cuma pake wizard! Tinggal klak klik klak klik beres dah!
-Bisa install Win XP/2003/Vista/2008/7 WARNING: tidak support windows 2000
-Bisa ga pake wizard, manual task dengan custom options


pake ini gan:
WinToFlash ver.0.4.008 (2,1 MB)
hotlink by me:

download page developer:
lokal : (credits to bro ses@ucing1)
NB: buat yang jalanin dari Windows 7, bila ada error seperti ini, dicuekin/ignore aja gan. ga masalah kok. Gw jg make dari win7

Dimari skrinshut-skrinshutnya (Copy Win XP SP3 to generic USB 2.0 drive, tested by me) :
Spoiler for skrinshut program:






Gak pake Wizard jg bisa gan! (Task/advanced mode)
Spoiler for task mode, ada option juga buat otomatis instalatis:






Tutorial Singkat install Windows dari USB (req. bro aataqi)
By request bro aataqi, ane bikin tut singkat step by step install windows dari USB.
Spoiler for tutorial singkat:

1. Colokin flashdisk ke port USB
2. Masuk windows, install WintoFlash dan copy file setup windows ke flashdisk. Setelah selesai, restart.
3. Saat restart, masuk ke BIOS. Pastikan BIOS bisa boot dari USB. Liat di bagian boot sequence, kalo ada USB-HDD, USB-CDROM, dll, harusnya udah bisa. Kalo ga bisa ya nasib deh
Spoiler for boot usb support:


4. Kalo bisa boot USB, pastikan boot device pertama adalah Removable Disk atau HDD (tergantung BIOS). Kalau HDD, nanti dipilih yang sesuai dengan drive USB nya (lihat gambar)
Spoiler for USB HDD:


5. Save settings di BIOS, keluar dari BIOS, komputer akan restart.
6. Komputer akan otomatis boot dari flashdisk. Kalau tidak brarti ada yang salah di step no.3
7. Pas booting akan muncul menu spt di gambar. Untuk masuk ke layar setup, Untuk Windows XP, pilih yang "Text Mode". Kalau yang "GUI mode" itu nanti setelah Text mode selesai dan sudah restart. Untuk Vista/7 akan langsung masuk ke instalasi GUI (gak ada text mode).
Spoiler for menu boot:


8. Biasanya instalasi windows restart 2x, Text mode, restart, GUI mode, restart. Pada saat restart yang kedua, setting BIOS sehingga first bootnya bukan USB lagi, ATAU cabut saja flashdisk supaya tidak booting ke flashdisk lagi... kan file windowsnya udah dicopy ke harddisk
9. Selesai deh...tinggal instal driver, program, game, dll...browsing kaskus masuk ke ni thread dan kasi kalo dah bisa


FAQ (pertanyaan-pertanyaan )
Spoiler for pertanyaan:

1. Berapa besar kapasitas Flashdisk yang dibutuhkan?
Disesuaikan dengan master OSnya. Kalo XP 1 CD => berarti flashdisk 1 GB udah cukup. Kalo Vista/7 1 DVD => berarti harus yang 4 atau 8 GB
2. Kalau pake ISO harus di mount dulu atau bisa langsung?
Harus dimount dulu. Nanti di WinToFlash, sourcenya ambil dari virtual drive hasil mount.
3. Flashdisk apa yang disarankan?
Yang disarankan adalah flashdisk yang sudah USB 2.0 read/writenya. Beberapa flashdisk ada yang cuma USB 2.0 di read saja, sehingga pada saat mengcopy file ke flashdisk menjadi lama sekali. TS menyarankan memakai merk S*ndisk soalnya ga pernah kecewa make ini
4. Saya udah berhasil bikin flashdisk windowsnya. Masih bisa dipakai buat simpan file yang lain nggak?
Sangat bisa. Flashdisk yang masih ada kapasitas tersisa, bisa dipakai buat storage juga. Jadi misal flashdisk 2 GB, 700 MB untuk instalasi XP, sedangkan sisanya 1,3 GB lagi bisa dipake buat simpan file. AWAS!Karena banyak file EXE didalam setup windows, hati2 terhadap virus.. flashdisk rentan virus. 
F.A.Q part 2
  1. Wintoflash tidak mengenali cd/dvd windows?
    Kemungkinan master windows anda struktur foldernya sudah berubah. Ini bisa terjadi kalau master windowsnya versi modifikasi (contoh: XP lite, XP gamers, dll.)
  2. Setelah setup windows XP dan restart, ada pesan HAL.DLL error.
    Biasa terjadi pada XP modifikasi/slipstreamed. Coba restart komputer dan lakukan boot dari flashdisk lagi, lalu pilih langkah yang kedua (GUI mode).
    Bila tidak berhasil, disarankan memakai XP yang masih 'perawan' alias blm dimodifikasi.
  3. Proses di wintoflash sudah berhasil, tapi saat boot tidak masuk ke setup windows?
    Kemungkinan BIOS ada permasalahan mengenali partisi di flashdisk.
    Coba cara berikut:
    • Di wintoflash, jangan menggunakan wizard,gunakan yang manual
    • Di setting format, ubah pilihan file system sebagai berikut :
      untuk flashdisk <= 2 GB ---> FAT16/FAT16 LBA
      untuk flashdisk/hdd > 2 GB --> FAT32/FAT32 LBA
  4. Bisa atau tidak memakai HDD external?
    Bisa. saya sudah coba dan beberapa kaskuser juga sudah berhasil.
  5. Saat proses setup windows ada BSOD (Blue screen of death)/Setup tidak mendeteksi harddisk saya?
    Masalah ada di driver SATA. Coba masuk ke BIOS, cari settingan SATA, ganti dari AHCI ke IDE/compatibility. Setelah itu save setting BIOS lalu coba ulangi proses setup

Sumber : http://kask.us/2362220
Read More ..

2/22/2010

e-book Gratis ! Tutorial Photoshop CS3

(eBook) Tutorial CS 3 Bahasa Indonesia ::HOT::

[/quote]

Dongdot:
ga sampai 12mb kok...silahkan download. :D
Read More ..

2/21/2010

Berburu Pahala di Kampus

Banyak hal sepele atau hal kecil yang sering terabaikan di kampus. Padahal hal sepele itu justru merupakan "cermin" profesionalisme dalam bekerja. Bahkan berpahala. Bekerja adalah sebagai salah satu bentuk ibadah. Suatu bentuk aktivitas sekecil apapun jika didasari keikhlasan dan dilakukan dengan cara yang benar adalah ibadah. Dimana kita sangat dianjurkan melakukan upgrading ibadah dan amal kebaikan. Kata Aa' Gym : "Mulailah dari yang kecil, mulailah dari diri sendiri dan mulailah dari sekarang"


Membuang puntung rokok pada tempatnya, membuang bungkus permen di tempatnya atau memasukkannya ke dalam saku untuk sementara waktu untuk dibuang ketempat semestinya, mematikan lampu kamar mandi jika sudah tidak dipakai, mematikan kran air jika sudah selesai pakai, menyiram sampai bersih dan tidak berbau setelah BAB dan BAK, adalah sederet hal sepele yang merupakan ibadah, mendatangkan pahala dari Allah dan akan meningkatkan goodwill lembaga. Sepertinya, sense of belonging masih menjadi PR hampir disetiap kampus.

Budaya senyum, salam, sapa, sopan dan santun (5S), semestinya menjadi perhatian utama dalam mewujudkan kenyamanan bekerja. Saling menghormati, saling menghargai dan saling menyayangi. InsyaAllah hal ini akan berdampak kepada peningkatan produktifitas kerja. Visi dan Misi perusahan akan terealisasi dengan baik

Budaya disiplin, disiplin waktu, disiplin berpenampilan, disiplin berbicara, disiplin administrasi, dan disiplin-disiplin yang lainnya masih perlu diupgrade lagi. Coba kita lihat rapor kedisiplinan kita. Berapa kali kita terlambat dalam sebulan? Berapa kali kita tidak masuk kerja dalam sebulan? Mudah-mudahan jawabannya tidak pernah. Alhamdulillah. Marilah kita jujur dengan segenap kejernihan hati dan pandangan positif untuk introspeksi diri. Hanya dengan loyalitas, komitmen dan dedikasi yang tinggi semoga pertanyaan diatas terjawab

Terkadang tidak sadar bahwa ucapan kita menganggu rekan kerja yang yang sedang serius bekerja. Kata bijak mengatakan : "Mulutmu harimau mu". Dalam hal ini Rosulullah SAW pun mengingatkan bahwa : "Selamatlah manusia jika dia mampu menjaga lisannya". Begitu pentingnya lisan ini. Jangan sampai hati rekan kerja terluka karena lisan kita, omongan kita yang sengaja ataupun tidak sengaja. Mungkin juga dalam canda ria kita. Kepekaan, empati dan simpati dengan rekan kerja akan tumbuh dengan sendirinya jika kita latih. Karena dengan latihan itu akan membentuk good habit.

Keteladanan dari Pimpinan juga menjadi hal yang sangat urgen untuk diperhatikan. Pimpinan adalah panutan. Satunya kata dan perbuatan, satunya sikap dan norma serta aturan akan menjadi trigger profesionalisme. Profesionalisme itu sendiri akan menjadi trigger keberhasilan terwujudnya Visi dan Misi lembaga. Slogan dan moto yang terpasang rapi dan indah dipigora ruang kelas akan lebih indah jika terimplementasikan di dalam kehidupan kampus. Keteladanan pimpinan akan membawa dampak positif yang luar biasa kepada bawahan. Penyakit NATO (No Action Talk Only) tidak akan menjangkiti kita semua, baik pimpinan maupun bawahan jika ada komitmen dalam diri untuk selalu berbuat yang terbaik bagi diri dan orang lain.

Semoga tulisan sederhana ini bisa menjadi "cermin diri" untuk evaluasi dan introspeksi. Kejernihan hati, kebersihan fikiran, positive thinking, husnudzon, obyektif adalah kaca mata yang tepat untuk melihat diri kita sendiri. Semoga Allah Swt selalu memberikan yang terbaik kepada diri kita, keluarga dan kampus kita tercinta. Amin.
Read More ..

2/20/2010

Pengertian Hadist

Definisi hadist

A. Secara Lughowi (Harfiyah)  Hadits adalah ism masdar, yang fi’il madhi dan mudhori’nya, hadatsa – yahdutsu. Maknanya ada 4 : a.       Af’al (Perbuatan)
Dalam hadits arbain dikatakan :
 
عَنْ أُمِّ الْمُؤْمِنِيْنَ أُمِّ عَبْدِ اللهِ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا قَالَتْ : قَالَ رَسُوْلُ الله صلى الله عليه وسلم : مَنْ أَحْدَثَ فِي أَمْرِنَا هَذَا مَا لَيْسَ مِنْهُ فَهُوَ  رَدٌّ.   [رواه البخاري ومسلم وفي رواية لمسلم : مَنْ عَمِلَ عَمَلاً 
لَيْسَ عَلَيْهِ أَمْرُنَا فَهُوَ رَدٌّ ] 

Dari Ummul Mu’minin; Ummu Abdillah; Aisyah radhiallahuanha dia berkata : Rasulullah J bersabda : Siapa yang mengada-ada dalam urusan (agama) kami ini yang bukan (berasal) darinya, maka dia tertolak. (Riwayat Bukhori dan Muslim), dalam riwayat Muslim disebutkan: siapa yang melakukan suatu perbuatan (ibadah) yang bukan urusan (agama) kami, maka dia tertolak).


Ahdasa diambil dari kata hadits, mengikuti wazan af’ala, yang artinya ’amila ’amalan la minar rasul (mengada-adakan atau melakukan perbuatan lain yang tidak ada dizaman rasul). Jadi hadits disini bermakna perbuatan, dan kalau berubah menjadi ahdasa, maka maknanya berbuat-buat atau mengadakan perbuatan.

b. Akhbar/aqwal (Cerita atau perkataan atau kabar)
Dalam sejarah dikenal istilah haditsul ifki, (cerita bohong), berkenaan dengan tuduhan keji terhadap ibunda Aisyah r.a.
Dan didalam alquran, terdapat 220 kata, hadits serta pecahannya. Yang berarti cerita atau menceritakan. Contoh dalam surat Ad Duha ayat sebelas, Allah berfirma, “Dan terhadap nikmat Robbmu maka hendaklah engkau menceritakannya”. 
Dalam penukilan hadits pun, terutama di shohihnya Imam Muslim rahimahullah; dikenal istilah akhbarona dan haddatsana. akhbarona (telah mengkabarkan  kepada kami) sedangan ahdasana (telah menceritakan kepada kami).

Di dalam tata cara Talaqqi (mentransfer, menerima) hadits, para ulama hadits membedakan antara lafazh yang ditransfer langsung dari Syaikh (Guru) dan yang dibacakan kepada syaikh. Bila Syaikh menceritakan tentang hadits, baik dari hafalannya atau pun dari kitab (tulisan)-nya dan membacakan kepada para murid sementara mereka menyalin hadits-hadits yang dibicarakan Syaikh tersebut; maka ini dinamakan dengan as-Samaa’ yang sering diungkapkan dengan kalimat “Yuhadditsuni” atau “Haddatsani.”
Bila seorang penuntut ilmu mentransfer hadits tersebut di majlis seperti ini, maka ia harus menggunakan bentuk plural (jamak), yaitu “Haddatsanaa” karena berarti ia mentrasfer hadits itu bersama peserta yang lainnya. Dan jika ia mentransfernya secara pribadi (sendirian) dari Syaikh langsung, maka ia mengungkapkannya dengan “Hadtsani” yakni secara sendirian.
Adapun bila hadits tersebut dibacakan kepada Syaikh (dengan metode Qiraa`ah), seperti misalnya, Imam Malik menyerahkan kitabnya “al-Muwaththa`” kepada salah seorang muridnya, lalu ia (si murid) membaca dan beliau mendengar; jika si murid ini salah, maka ia menjawab dan meluruskan kesalahannya, bila tidak ada yang salah, ia terus mendengar. Metode ini dinamai oleh para ulama hadits dengan metode “al-‘Ardh” (pemaparan) dan “Qiraa`ah ‘Ala asy-Syaikh” (membaca kepada Syaikh).
Mereka (para ulama hadits) mengungkap dengan lafazh seperti ini secara lebih detail manakala seseorang ingin menceritakan (meriwayatkan) hadits, maka ia harus mengungkapkan dengan “Akhbarani” bukan dengan “Haddatsani” . Maksudnya bahwa ia menerima (Mentransfer) hadits tersebut bukan dari lafazh Syaikh secara langsung tetapi melalui murid yang membacakannya kepada Syaikh tersebut.  
Inilah sebabnya kenapa mereka membedakan antara penggunaan lafazh “Haddatsana” dan lafazh “Akhbarana.” Tapi secara pokok, artinya sama, mendapatkan kabar/cerita. Pendek kata, secara esensial kata hadits juga berarti juga akbar (kabar).
C. Jadid (baru) Dalam aqidah menurut imam mazhab Asyar’iyah, dikenal ada 20 sifat wajib Allah, ada 20 sifat muhal (mustahil) Allah dan ada satu sifat jaiz. Dan yang kang kedua dari sifat wajib Allah setelah wujud adalah Qidam. Lawannya qidam adalah hadits. Qidam artinya dahulu, sedangkan hadits artinya baru atau ada permulaan. (4) Jadi hadits disini artinya adalah baru, atau ada permulaan. Didalam ilmu fiqh pun dikenal dengan istilah hadats ashghor dan hadats akbar, hadts disini juga bermakna tajdid (memperbaharui/membikin baru lagi). D. Qorib (dekat)
Dalam bahasa arab, ada kalimah antum haditsun minni bil islam, kamu terasa dekat dengan saya karena islam. Jadi hadits disini, artinya dekat perasaan/hati.

2. Hadits Secara Ishtilahi (definisi) 

Hadits (الحديث) adalah segala perkataan (aqwal), perbuatan (af’al) dan persetujuan (taqrir) dari Nabi Muhammad SAW yang dijadikan ketetapan ataupun hukum dalam agama (4) serta sifat dari rasulullah lahiriyah maupun bathiniyah (5)
Hadits-hadits Nabi s.a.w. itu dinamakan dengan “Al Hadits” ialah karena ada persesuaian dengan arti dari segi bahasanya yang memberi makna “baharu” lawan kepada “Al Qadim”. Seolah-olahnya apa yang disandarkan kepada Nabi s.a.w. yang dikenali dengan Al Hadits itu adalah sesuatu yang lain daripada Al Quran yang qadim – demikian kata Syeikhul Islam Hafidz Ibnu Hajar.
Sementara Allamah Syabir Ahmad Utsmani berpendapat bahwa hadits- hadits Rasulullah s.a.w. itu sebenarnya merupakan pernyataan Nabi s.a.w. akan nikmat Allah s.w.t. yang paling besar yaitu Islam seperti yang terdapat dalam firman Allah s.w.t. bermaksud : “Pada hari ini aku sempurnakan  untuk kamu agamamu, aku lengkapkan kepadamu nikmatku dan aku redhai Islam sebagai agama untukmu”. (Surah Al Maaidah : 3)
Keterangan :
- Disampaikan pada acara Tatsqif Online
- Referensi : dari berbagai sumber
Read More ..

2/19/2010

Download Ebook

Beberapa kawan, minta saya untuk membuat tutorial. tapi saya bingung untuk menuliskannya lewat posting. Akhirnya saya berinisiatif untuk membuat ebook untuk kawan-kawan sekalian. Ada banyak ebook yang dapat teman-teman download secara gratis. Silahkan lihat list di bawah ini :

 Urutan Ebook Gratis (tutorial) :

TUTORIAL BLOGGER!
MEMASUKKAN GAMBAR KE DALAM BLOG 

 
 Berisi Cara untuk memasukkan logo/gambar yang kita inginkan untuk dapat tampil di blog/website kita.
Read More ..

2/15/2010

Usability , Prinsip dan Metode

Usability Adalah masalah optimasi penggunaan sistem oleh pengguna, dimana seluruh fungsi nya tergantung dari pengguna. Jika pengguna tidak dapat secara penuh menggunakan sistem,maka sistem itu hanya sampai "disitu". Berbeda jika penggunan mampu mengoptimasikan sistem yang ada, maka sistem itu sangat berdaya guna pakai. Dalam kata lain, Sistem yang baik akan dipergunakan secara maksimal oleh pengguna sehingga semua kemampuan sistem dapat termanfaatkan.

Pengukuran Usability
Untuk mengukur usabilty dapat menggunakan cara-cara berikut:

ISO dan DIX (1993)

Usability dari ISO 9241
(Alan Dix Et all, 1993)`

Sasaran usability
Efektivitas
Efisiensi
Kepuasan
Kesesuaian terhadap pekerjaan
Persentase tujuan tercapai
Waktu utk menyelesaikan tugas
Skala kepuasan tercapai
Kecocokan untuk user terlatih
Cacah fitur canggih terpakai
Relatif efisiensi dibanding pengguna ahli
Skala kepuasan dengan fitur canggih
Kemudahan dipelajari
Persentase fungsi2/fitur dipelajari
Waktu utk belajar
Skala kepuasan untuk kemudahan dipelajari
Error tolerance
Persentase error terkoreksi dengan baik
Waktu untuk mengkoreksi error
Skala kepuasan untuk penanganan error

Prinsip Usability
Dix (1993)

• Learnability : kemudahan bahwa pengguna baru dapat menggunakan interaksi secara efektif dan memperoleh maximal kinerja.
• Flexibility : ragam cara user dan sistem dapat bertukar informasi
• Robustness : dukungan untuk user agar dapat mencapai tujuan dengan baik.

Prinsip Learnability

•Predictability
–Kemampuan untuk menentukan efek dari tindakan yang akan dilakukan berdasarkan pada interaksi sebelumnya/yang pernah dilakukan
– operation visibility

•Synthesizability
–Penilaian atas efek tindakan yang telah dilakukan
– Immediate vs. eventual honesty

• Familiarity
– Bagaimana pengetahuan sebelumnya dapat diaplikasikan pada sistem yang baru
–guessability; affordance

•Generalizability
–Pegembangan pengetahuan interaksi spesifik terhadap situasi yang baru

•Consistency


Prinsip Flexibility
• Dialogue initiative
– Kebebasan dari sistem untuk menentukan batasan pada dialog input

• Multithreading
- Kemampuan sistem untuk mendukung lebih dari satu interaksi pengguna pada saat yang sama

• Task migratability
–Melewatkan tanggung jawab eksekusi tugas antara pengguna dan sistem.

• Substitutivity
– Mengijinkan nilai yang setara dari input dan output dapat disubstitusikan
– representation multiplicity; equal opportunity

• Customizability
– Kemampuan antarmuka pengguna untuk dapat dimodifikasi oleh pengguna (adaptability) atau system (adaptivity).

Kemantapan sistem
• Pengguna dapat mengkoreksi “error” setelah “error’ tsb diketahui
• Pengguna merasa waktu tanggap sistem cukup baik
• Sistem dapat memenuhi pelayanan yang diharapkan pengguna

Bagian ini menjelaskan beberapa prinsip dasar di balik petunjuk teknis yang lebih spesifik direkomendasikan dalam dokumen ini. Kami percaya bahwa prinsip-prinsip ini penting bagi semua pengembangan aplikasi.


Desain untuk Orang

Ingat bahwa tujuan dari aplikasi perangkat lunak apapun untuk memungkinkan beberapa kelompok orang untuk menyelesaikan rangkaian tugas-tugas tertentu. Jadi, hal pertama yang didirikan ketika merancang aplikasi Anda adalah:

    * siapa penggunanya ?
    * apa saja yang di izinkan untuk mereka lakukan ?

Sebagai contoh, Anda mungkin akan merancang sebuah aplikasi yang akan memungkinkan insinyur (perangkat lunak, listrik, atau mekanik) untuk membuat diagram. Anda mungkin merancang sebuah aplikasi yang akan memungkinkan administrator sistem untuk mengkonfigurasi dan memonitor web server. Anda mungkin merancang sebuah aplikasi yang akan membantu siswa sekolah dasar untuk belajar matematika.

Yang penting adalah bahwa Anda mengenal target pasar Anda, dan Anda memahami tujuan mereka berdua dan tugas-tugas yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut. Ada sejumlah besar interaksi profesional desainer yang menulis buku dan mengajar kursus tentang metode desain yang dapat membantu proses ini, banyak yang sangat berguna. Sebagian besar metode ini, bagaimanapun, didihkan bawah untuk memahami cara-cara khusus pengguna Anda, memahami tugas-tugas anda ingin membantu mereka capai, dan mencari cara untuk mendukung tugas-tugas dalam aplikasi Anda.

Jangan Batasi Pengguna basis anda.

Jika Anda merancang aplikasi untuk digunakan oleh para insinyur, atau oleh anak-anak, atau oleh administrator sistem, pastikan untuk menciptakan aplikasi yang dapat digunakan oleh semua insinyur, anak-anak, atau administrator sistem, termasuk mereka yang cacat atau mereka yang are mampu mengenali dari bahasa yang berbeda dari Anda. Sadar akan isu-isu aksesibilitas dan internasionalisasi dan lokalisasi masalah, banyak di antaranya ditujukan oleh panduan dalam dokumen ini.

Aksesibilitas

Aksesibilitas berarti memungkinkan orang-orang cacat dan semacamnya untuk berpartisipasi dalam kegiatan hidup: dalam kasus ini, secara khusus untuk menggunakan perangkat lunak Anda.

 Contoh:

    * Pengguna Buta warna mungkin tidak dapat menggunakan aplikasi Anda jika Anda hanya bergantung pada kode warna untuk membedakan jenis informasi yang berbeda.
   

    * Pengguna dengan gangguan pendengaran mungkin tidak dapat menggunakan aplikasi Anda jika Anda mengandalkan suara untuk menunjukkan informasi penting.

    * Pengguna dengan gerakan terbatas mungkin tidak dapat menggunakan aplikasi Anda jika Anda tidak memberikan persamaan untuk perintah keyboard

Perangkat lunak Anda juga harus digunakan dengan antarmuka suara, seperti pembaca layar gnopernicus, alternatif perangkat input, dan teknologi bantu lainnya. GNOME standar perpustakaan melakukan sebagian besar pekerjaan ini untuk Anda, tetapi dengan sedikit usaha ekstra Anda dapat membuat aplikasi Anda setiap bit berguna bagi pengguna yang mengandalkan teknologi tersebut atau untuk mereka yang tidak menggunakannya.

Informasi lebih lanjut tentang aksesibilitas di GNOME dapat ditemukan pada GNOME Accessibility Project.


Internasionalisasi dan Localisasi.


Internasionalisasi adalah merancang perangkat lunak sehingga dapat berfungsi dalam lingkungan bahasa yang berbeda.Lokalisasi adalah proses benar-benar menerjemahkan pesan, label, dan lain elemen antarmuka aplikasi ke bahasa lain.

GNOME memiliki dukungan yang sangat baik untuk kedua internasionalisasi (juga disebut sebagai i18n) dan localization (juga disebut sebagai l10n). Dalam kebanyakan kasus, cukup menggunakan GNOME standar API untuk menampilkan teks dan pesan akan memungkinkan Anda atau orang lain pelokalan aplikasi Anda untuk locales lain. Untuk informasi lebih lanjut tentang bagaimana membuat aplikasi Anda dilokalisasi, lihat halaman proyek Pango (Pango adalah GNOME internasionalisasi perpustakaan untuk rendering teks), di halaman Terjemah GNOME, dan halaman Proyek Terjemahan GNOME.

MenCocokan Antara Aplikasi Anda dan Dunia Nyata

Selalu menggunakan kata-kata, frasa, dan konsep yang akrab bagi pengguna daripada istilah dari sistem yang mendasarinya. Gunakan istilah yang berhubungan dengan pengguna pengetahuan tentang tugas mendukung aplikasi Anda. Sebagai contoh, dalam kedokteran, kertas folder yang berisi semua informasi tentang pasien tertentu disebut "tabel." Oleh karena itu, aplikasi medis akan merujuk pada catatan pasien yang berisi informasi yang sama sebagai kertas grafik sebagai "grafik pasien" daripada sebagai "catatan database pasien."

Anda dapat sering mengambil keuntungan dari pengguna Anda "pengetahuan tentang dunia nyata dengan menggunakan metafora-yaitu, sebuah konsep asing dari dunia luar-untuk mewakili unsur-unsur di dalam aplikasi Anda.

 Contoh:

    * gambar dari folder file menyarankan sebuah wadah di mana dokumen dapat ditempatkan
    *  keranjang sampah menyarankan sebuah wadah ke item yang dapat ditempatkan ketika mereka tidak lagi diperlukan

Bila menggunakan metafora, bagaimanapun, adalah penting untuk tidak mengambil metafora terlalu harfiah, maupun untuk memperluas metafora di luar penggunaan yang wajar. Sebagai contoh, kapasitas folder file tidak boleh terbatas pada kapasitas folder file fisik, yang barangkali hanya dapat berisi beberapa dokumen sebelum menjadi berat. Di sisi lain, sebuah keranjang sampah tidak boleh digunakan untuk apapun selain tempat sampah. Tidak boleh digunakan, misalnya, untuk mengeluarkan removable disk seperti disket atau CD.
Read More ..

2/14/2010

I, ROBOT The Movie, Interaksi Manusia dan Robot.

Sebuah film science-fiksi yang disutradarai oleh Alex Proyas, dan dibintangi serta di proseduri langsung oleh aktor film aksi terkenal, Will Smith dan ditemani artis cantik Holliwood,  Bridget Moynahan, menyuguhkan sebuah cerita yang di balut dengan fiksi ilmiah. Dengan latar belakang kota Chicago tahun 2035. Mengetengahkan cerita yang lebih menonjolkan interaksi manusia dan robot, dimana robot - robot pembantu manusia ini mempunyai 3 hukum yang tertanam di setiap chip di kepalanya, isinya :

Law 1
A Robot may nor injure a human being or through inaction, allow a human being to come to harm.

Law 2
A robot must obey orders given it by human beings except where such orders woulds conflict with first law.

Law 3
A robot must protect itis own existence as long as such protection does not conflict with the first or second law.

Dari ketiga hukum ini lah, cerita ini berkembang. Saya akan mereview fillm dengan sudut pandang interaksi manusia dengan komputer, dalam hal ini adalah robot, sehingga saya tidak mengomentari seluruh isi dari film ini.

Semuanya di awali dari terbunuh nya Dr. Alfred Lanning, sang pencipta robot-robot itu, dan dia juga lah yang menciptakan 3 laws itu. Detective Spooner (Will Smith) ditugaskan untuk mencari sebab kematian Dr. Lanning. CEO dari USR (Pabrik Robot US), Lawrence Robertson. mengirimkan Dr. Calvin (Bridget Moynahan) untuk menemani sang detektif menginvestigasi kasus ini. Tidak ada yang percaya atas pernyataan Spooner, yang mengatakan bahwa Kasus ini bukanlah bunuh diri. Melihat kondisi dr. Lanning yang seakan "terjun" bebas dari tempat kerjanya, padahal pintu itu terkunci dari dalam. Detektif Spooner adalah salah satu orang yang membenci robot, karena sang detektif mempunyai pengalaman pahit dengan robot.

Interaksi Spooner terhadap sang pembunuh mulai terlihat, ketika sang detektif mulai menggeledah kantor dr. Lanning. Dugaan spooner benar, bahwa pembunuhnya masih berada di dalam kantor, dan dia adalah sebuah robot. yang belakangan diketahui bernama Sunny.

Seluruh keamanan kota Chicago, di program oleh VIKI (Virtual Interactive Kinetic Intelligence) yang merupakan ciptaan dr. Lanning pertama. Termasuk keamanan dalam gedung USR. Salah satunya adalah interaksi dr. Calvin saat hendak menggunakan seluruh askes pintu serta akses apapun, adalah dengan "berbicara" dengan VIKI.

Tidak hanya dalam gedung, dalam kendaraan, tv, ruangan atau sebagainya, komputer di gunakan dalam menjalankan segala aktifitas nya, dimulai dengan perintah suara, sehingga manusia akan tampak berbicara terlebih dahulu dengan perangkat keras yang akan mereka pergunakan.

Pada film ini pula, selain manusia yang berinteraksi dengan perangkat keras mereka, para robot (termasuk perangkat keras) juga dapat berinteraksi dengan sesama robot atau dengan manusia, karena telah ditanamkan secara masal oleh dr. Lanning untuk dapat berinteraksi dengan manusia atau robot lain. Pada beberapa waktu, para robot ini akan menanyakan, "apa yang dapat saya bantu/ lakukan?" atau menyapa di pagi hari, "Good morning sir, have a nice day !".

Kembali ke cerita, terbunuhnya dr. Lanning ini membawa dr. Calvin dan detektif Spooner kedalam sebuah cerita yang mereka tidak percaya. Sunny, sang robot tersangka itu mengatakan bahwa dia dapat bermimpi, dan mempunyai perasaan seperti layaknya manusia. Takut, marah, Panik adalah beberapa perasaan Sunny. Contohnya ketika Spooner mengintrogasi Sunny, dan menanyakan kenapa dia membunuh dr. Lanning secara berulang-ulang, sunny berteriak tidak dan menggebrak meja di depannya.

Kenyataan ini tidak dapat diterima begitu saja oleh dr. Calvin, hingga ia menemukan perbedaan dalam otak dan badan Sunny ketika melakukan eksekusi "mati" untuk Sunny,ia melihat sunny mempunyai "otak" dan "hati" yang ditanamkan di sunny. otak dan hati ini merupakan salah satu komponen yang terdapat pada viki.

Cerita ini sungguh menarik buat saya, interaksi manusia dengan komputer nya sungguh sangat terasa, terlebih pada suatu adegan dimana semua robot lama di gantikan dengan jenis robot baru dengan kode NS-5. Di promosikan sebagai robot yang lebih canggih, lebih patuh dan lebih mengesalkan bagi Spooner.

Klimaks film ini terdapat pada adegan dimana spooner menemui dr. Lanning secara hologram, sebuah interaksi yang sangat luar biasa, mengingat dr. Lanning telah meninggal. Hologram projector yang berbicara dengan Spooner adalah "a very simple programmes, It's just pre-recorded responses" itulah kira-kira pengertian dari Lawrence.

Kemudian robot-robot yang di ciptakan dr. Lanning - dengan perintah dari VIKI - melakukan tindakan yang mengejutkan. Menurut dr. Lanning, dalam obrolannya dengan Spooner saat ia mendatangi gudang robot-robot lama, mengatakan,"Dengan acuan 3 law itu, akan menghasilkan satu outputan, yaitu revolution.". Seketika itu, semua robot NS-5 yang awalnya berinteraksi dengan manusia sebagai pembantu pekerjaan berubah.

3 LAW yang di idekan oleh dr. Lanning ternyata menjadi senjata makan tuan, dengan melihat kenyataan di lapangan, ternyata manusia sering melakukan pelanggaran, yaitu melukai manusia lain. Dengan melihat peraturan pertama, dimana robot dilarang melukai atau menyelamatkan manusia, maka robot berhak menghilangkan nyawa orang lain sebagian. kira-kira begitu lah, sulit untuk di ungkapkan dengan kata-kata. Intinya, robot-robot itu berinteraksi dengan manusia dengan "cara" yang berbeda dengan sebelumnya, yatu dengan kasar dan memaksa.



Hanya tersisa Spooner, dr. Calvin, dan Sunny. (dr. Calvin tidak mematikan sepenuh nya Sunny, karena dia yakin sunny punya alasan kenapa membunuh ayahnya (pencipta) sendiri). Singkat cerita, Spooner dapat memasukkan suatu cairan kedalam otak VIKI, yang menyebapkan system down. Walaupun ketiga nya dikepung oleh pasukan robot NS-5 yang jumlahnya 1000an itu. Setelah mampu men - shutdown VIKI, seluruh robot yang menjadi "gila" kembali normal.



Akhir cerita yang bahagia, sunny dan robot-robot lain dimasukkan kedalam countainer dalam area gudang. film pun selesai. Sebetulnya banyak adegannya, film ini pun berduarasi 1 jam 40 menit. terlalu panjang, sehingga saya hanya mengulas interaksi apa saja yang di lakukan manusia dengan komputer atau sebaliknya.

Jika anda sempat mampir ke Mall, anda dapat membeli DVD nya di toko DVD, atau beli di toko DVD bajakan. Agak susah memang, karena mengingat ini merupakan film lama.

banyak yang unik, bermanfaat dan original hanya di BlackAntzz !
Read More ..

2/12/2010

Saat Rupiah Masih "enak"

Waktu Rupiah Masih Enak
artikel ini saya baca dari sebuah tabloid Intisari tahun 1999, pada waktu tabloid ini terbit suasana ekonomi negeri kita ini masih dalam tahap perbaikan dalam nilai rupiah terhadap dollar. Adalah Slamet Soesano yang bercerita kehidupannya tentang rupiah saat masih "enak". Penasaran bagaimana rasanya rupiah yang masih "enak" dan tidak mencekik ? Simak cerita beliau di bawah ini.


Saya masih kelas 3 MLS ( Middelbare Landbouw School ) Bogor, di negara Pasundan, Repoeblik Indonesia Serikat, ketika tahun 1950 negara itu bersama Repoeblik Indonesia dari Yogya berfusi menjadi Repoeblik Indonesia. Dengan begitu, uang merah Belanda di negara Pasundan beredar bersama - sama dengan uang putih ORI (Oeang Repoeblik Indonesia).

Ketika Menteri Keuangan Meester Sjafrudin Prawiranegara memerintahkan agar semua uang merah Rp. 5,- keatas di gunting menjadi dua bagian, banyak orang pingsan, setengah mati atau geram-geram, tetapi tak bisa berbuat apa-apa.

Saya sendiri tidak apa-apa, karena jarang mempunyai uang besar. Uang saku dari orang tua hanya Rp. 4,- sebulan. Selalu receh - receh seperti pecahan 5 sen, ketip (10 sen), atau setalen (25 sen) dari logam yang bentuknya bulat, sesuku (50 sen), atau kadang-kadang Rp. 1,-. Kedua recehan terakhir itu berupa uang kertas pesegi panjang.

Pada 1951 saya lulus sekolah dan bekerja di Laboratorium Perikanan Darat Bogor, di bawah Kementrian Pertanian, dengan gaji Rp. 250,- sebulan. Dipotong Rp. 50,- untuk bayar kos di rumah keluarga menengah, sisa gaji saya masih banyak. DIpakai bersenang-senang tiap akhir pekan, beli pakaian setiap bulan, dan jajan sehari-hari, tetap terasa banyak.

Tiap Sabtu malam yang di sebut "Malem Minggu", saya berkunjung ke dan menginap di rumah paman di Jakarta. dengan naik oplet Bogor - Jakarta lewat Cibinong. Tarifnya Rp. 1,5,-.DI "Malem Minngu" itu saya selalu menonton bioskop di Metropole bersama teman istimewa. Karcisnya Rp1,- (untuk kelas 3,baris depan),  Rp2,- (untuk kelas 2,di tengah),  Rp3,- (kelas 1,di belakang), dan Rp 3,5 (untuk balkon di atas kepala penonton kelas 1).

Dibandingkan dengan harga beras yang 16 sen sliter.karcis bioskop itu mahal.Tetapi dibandingkan dengan gaji pegawai negri menegah (bukan sarjana) yang ratusan rupiah,karcis itu murah sekali.

Haru Minggu saya ingin dengan pesiarbersama teman istimewa itu ke pantai  Zanndvoort di bilanga priok,atau ke cilincing di sebelah timurnya.Anggaran bersenang-senang tiap akhir pekan itu cuma Rp 20,-termasuk makan bersama ami intime itu di restoran elite Capitol.di pintu Air.kalau di kalikan empat hanya RP 80,- sebulan. Gaji masih tersisa banyak.

Semila saya tidak mengerti mengapa uang rupiah hasil guntingan Sjafrudin begitu "enek rasanya".Baru setahun kemudian saya paham. Pertam,jumlah uang yang di cetak hanya sedikit. Penduduk yang mengedarkan (memakai) uang itu pun masih sedikit. Penduduk Jakarta hanya 1,5 juta orang waktu itu.

Kedua, kebutuhan hidup masih sedikit. Pesawat TV,tape recorder, dan radio kaset tidak ada, sehingga tidak mendorong orang untuk membelinya secara kreditan.Hiburan saya sehari-hari hanya radio roti yang harganya cuma Rp 75,-, Radio juga kecil,bentuknya seperti roti tawar yang besar. 

ketiga distribusi barang lancar.Sampai kedesa-desa diluar batas ibukota kabupaten pun ada toko pedagang P&D (provisien en drenken) yang kemudian menjadi M&M (makanan dan minuman).Sekarang orang menyebutnya Waserba (warung serba ada ) meski isinya banyak yang tiba-tiba tidak ada.

Pengusaha toko P & D itu kebanyakan orang cina, atau orang indonesia keturunan. Cara mereka jujur sekali, dengan harga eceran yang kompetitif. Tidak ada yang menaikkan harga EZ yang ditetapkan pemerintah untuk melindungi rakyat konsumen. EZ kependekan dari Departemen van Economische Zaken warisan belanda, walau kementriannya sudah berubah menjadi Kemakmuran, harga itu masih disebut harga EZ. Tetapi menjelang pemilu 1 tahun 1955, inflasi mulai karena gejolak poltitik berkepanjangan sampai memacetkan produksi dan distribusi barang. Perdangan kacau, sehingga gaji saya sebagai pegawai negeri tidak enak lagi. (Slamet Soesono).


Banyak yang unk dan menarik, serta original. Hanya di Blackantzz.com
Read More ..

2/10/2010

Kenapa Hanya bisa Meniru ?

Entah apa karena malas, atau memang tidak mau susah. Banyak sekeliling kita yang sudah tidak mau lagi berusaha payah untuk membuat sesuatu. Saya sendiri bingung, kalau di telusuri, tidak ada alasan kuat kenapa tidak membuat "made in" sendiri. Senangnya meniru dan tidak mau kalah. Padahal semua itu bertujuan untuk membuat manusia semakin kreatif dan mampu membuat sesuatu yang baru.

Saya jadi teringat, tentang pengalaman saya di tempat tinggal saya di Bogor. Namanya Bpk. Sukar, seperti namanya, bapak - bapak yang satu ini sukar untuk melihat orang lain "bagus" atau "indah". Ketika suatu saat, tetangganya bpk. Murdi mempunyai hiasan menarik di depan rumahnya, bpk. Sukar mulai jengah, panik tidak karuan. Bukannya senang melihat tetangga kreatif, tapi malah sibuk untuk meniru. Jika kamu ada di tempat dan melihat raut muka beliau, pasti kamu akan terpingkal.

Dia tidak habis pikir, mengapa Dia bisa memperindah rumahnya sedangkan rumah saya masih jelek. Dia tidak memikirkan, Bagaimana menghargai karya orang lain tanpa harus meniru/mencoteknya. 
Sudah menjadi kebiasaan bpk. Sukar untuk meniru, dia tidak mau halaman rumahnya jelek. Mungkin karena dia takut kena semprot istrinya yang tukang gosip itu.

Bpk Sukar bukannya satu di dunia ini, yang jengah , dan ingin sekali benda yang nampak di matanya itu, menjadi miliknya atau minimal ada juga di halaman rumahnya. Mestinya kita dapat berfikir, akan nilai menghargai karya orang lain, bukannya repot dan panik ketika melihat "punya" orang lebih bagus dari milik kita.

Jika kita mempunyai keinginan untuk memiliki yang orang lain itu miliki, kenapa kita tidak mempelajarinya ? Toh, orang lain yang kita lihat itu pun pasti belajar terlebih dahulu sebelum menempatkan hasil karya nya di halaman rumahnya. Bukan kebiasaan baik untuk seorang mahasiswa khususnya , jika hanya bisa syirik dan panik ketika melihat karya oranglain lebih bagus di tampilkan dihalaman rumahnya.

Semoga ini bisa menyentil telinga kawan kawan yang masih mempunyai kebiasaan seperti bpk Sukar yang selalu ingin memiliki apa yang orang lain punya.

banyak yang unik, menarik dan original , hanya di blackantzz.
Read More ..

2/08/2010

Kecil itu penting.



Ungkapan "kecil itu indah" barangkali akan lebih berguna bila ditambahi "kecil itu penting". Peribahasa mengatakan, langkah besar selalu diawali dengan langkah kecil. Sebaliknya, malapetaka dahsyat pun tak jarang dikarenakan kelalaian kecil. Tak percaya ? Beberapa tahun yang lalu, koran The WallStreet Journal pernah mengisakan pelajaran berharga bagaimana sikap menyepelekan hal kecil bisa-bisa mendatangkan kerugian besar.

Seorang mekanik yang sedang bekerja di bawah sebuah pesawat. menemukan lubang kecil di WC penemupang di bagian depan. Namun, ia lebih mengedapankan perbaikan pada peralatan canggih di bagian mesin utama yang menyebapkan tertundanya jadwal penerbangan pesawat. Ia beranggapan, perbaikan kebocoran kecil itu toh nanti biasa di lakukan setelah pesawat mendarat di bandara berikutnya.

Pesawat pun lepas landa. Apa yang terjadi? Bocoran air dari kamar mandi itu terus menetes. nah, karena suhu diluar pesawat amat dingin, teteaan iar itu menjadi sebongkah batu es. Di tengah kecepatan laju pesawat 650 mil/jam, bongkahan es itu lepas dari badan pesawat dan menghantam mesin. Akibatnya sungguh luar biasa. Bongkajhan es itu merusak dan merobek badan pesawat.

Kali ini pesawat terapksa mendarat darudat di bandara terdekat. Petugas pemeriksa menemukan bahwa bagian yang ternayat menghindarkan pesawat dari malapetaka yang lebih dahsyat adalah sebuah ring pentutp dari karet. Bayangkan, lantaran mengabaikan hal kecil, nyawa sekitar 100 orang dipertaruhkan dan mesin seharag 1 juta dollar rusak.
Read More ..

2/06/2010

Diskusi bukan debat kusir


Banyak orang paham bahasa bahwa diskusiadalah tradisi yang baik dan patutdi kembangkan. Socrates bahkan menemukan kebijaksanaan dengan berdiskusi dan berdialog setiap waktu. Siapapun yang berdialog dengannya dipaksa menggunakan logika dan akal sehat.

Sayangnya, ajang adu argumen ini sering menjadi arena debat kusir. Suasanan menjadi panas dan tidak nyaman. Nah, agar hal tiu tidak terjadi, ada beberapa kiat berdiskusi :
# Tentukan tema atau ketahuilah topik yang akan didiskusikan. Dengan menentukan atau mengetahui pokok pembicaraan maka kita daoat mempersiapkan segala sesuatunya.
# Batasi perserta diskusi dengan hanya menyertakan orang-orang yang berkompeten. Pembatasan ini dikalkukan untuk menajamkan persoala, menghemat waktu, dan menghindari pertanyaan atau usulan yang tidak relevan.
# Agendakan atau alokasikan waktu dengan efektif dan efesien.
# Bila dirasa perlu hadirkan moderator atau narasumber.
# Bekali diri anda dengan kemampuan logika, seni berbicara, dan literatur pendukung.
# Niatkan berdiskusi untuk mendapatkan kebenaran, bukan kemenangan.

Kalau itu di jalankan, niscaya diskusi bisa menjadi sangat produktif dan perbedaan pendapat akan menjadi ketegangan yang kreatif.

Banyak hal yang menarik, unik, dan original, Semua bermanfaat untuk anda. Kunjungi http://blackantzz.blogspot.com
Read More ..

2/04/2010

Keliru Taksir NIlai.

Dalam berbisnis, kerugian bisa timbul akibat keliru menaksir bobot nilai suatu produk baru. Tragedi kekeliruan taksir di tahap perencanaan produk itu terutama sering terjadi di dunia bisnis kesenian dan hiburan.

Redaksi media Examiner di San Fransisco, pada tahun 1889 menolak sebuah manuskrip naskah kiriman seorang penulis muda tak dikenal bernama Rudyard Kipling, disertai komentar: "Naskah initidak layak dibaca warga San Fransisco dengan kadar kecerdasan wajar-wajar saja!" Namun, pemuda yang sama  malah nekat melamar menjadi reporter media yang sama. Tak lama kemudian dia dipecat dengan alasan: "Anda tidak becus menulis dan disini bukan taman kanak kanak bagi penulis amatiran terbelakang!".
Delapan belsa tahun kemudian, terpaksa redaksi Examiner menyesali penolakan itu sebagai suatu kerugian tiada tara, ketika menerima berita bahwa penulis amatiran terbelakang yang pernah mereka PHK itu ternyata memperoleh anugrah penghargaan Nobel untuk kesusteraan . Suatu lambang kehormatan supremasi karya dengan nilai tak bisa dihitung dengan Uang belaka.

Pada bulan Juni 1938, edisi pertama Action Comics memperkenalkan tokoh Superman. Kedua pencipta tokoh manusia supersakti mandraguna itu - Joe Shuster dan Jerry Siegel - tidak terlalu optimis atas keunggulan mutu produk ciptaan mereka sendiri, maka langsung menjual hak cipta Superman kepada penerbit dengan harga $130 saja. Suatu penjualan hak cipta yang pasti tidak akan dilakukan Joe dan Jerry. Andaikata saja dahulu itu mereka sudah tahu betapa populer produk Superman di masa kini, bukan hanya di dunia komik, namun  juga tersebar subur merambah ke industri film dan televisi, plus aneka ragam merchandising dengan omset milyaran USD.

Seorang pemuda keturunan Italia sibuk menawarkan naskah film berkisah tentang seorang petinju bayaran kelas jalanan yang memperoleh kesempatan bertarung melawan sang juara dunia resmi, ke berbagai produser film, namun selalu di tolak akibat dianggap mengada ada, kisah tak masuk akal; masih diperparah lagi dengan hasrat sang pemuda menjadi pemeran utama, pdahal lafal bicaranya saja kurang jelas, disamping ia eks aktor bluefilm. Setelah naskah film yang babak belur ditolak sana sini, akhirnya diproduksi dengan anggaran rendah, lalu menang Oscar dalam kategori Film terbaik, Sutradara terbaik, sekaligus Editing terbaik, sambil melngitkan nama sang pemuda ke jenjang bintang film termahal, dapat di bayangkan betapa menyesal para produser yang terlanjur menolak tawaran Sylverster Stallone untuk memproduksi Rocky, yang begitu sukses hingga perlu disusul dengan tak kurang dari empat sekuel itu.

Seorang produsen musik bernama Sam Philips dan Memphis, AS, pada tahun 1955 menjual seluruh hak eksekutif kontraknya dengan seorang biduan muda lokal kepada RCA Victor Records, karean menganggap musikus muda itu kurang bermutu komersial. Apalagi ia sering tampil dengan iringan gitar yang di masa itu dianggap sudah termasuk kategori usang, alias ketinggala jaman. Dapat di bayangkan betapa menyesalnya Sam di kemudian hari, setelah terbukti hasil penjualan rekaman lagu-lagu oleh pemuisk "ketingalan jaman dan kurang bermutu komersial" itu kemudian mampu malampui satu milliar piringan hitam, hingga di nobatkan sebagai pemuisk legendaris paling laris, sepanjang zaman, yang juga tampil sukses luar biasa sebagai bintang film. Musikus muda itu tidak lain adalah The King, Elvis Presley sendiri. ! 

banyak yang unik, bermanfaat dan original , hanya ada di BlackAntzz !!
Read More ..

2/02/2010

Asal Mula Koran

Koran tulisan tangan

Sejak kapan manusia mengenal koran? Dari catatan peneliti, oran pertama masih berupa lembaran berita yang ditulis tangan, dipasang di tempat umum. Acta Diurna dari masa Romawi kuno (59 SM), berisi berita sosial dan politik, di akui sebagai koran pertama di dunia. Sedangkan koran cetak pertama adalah Di Bao (Ti-pao) tahun 700an di CIna. Metode Pencetakannya menggunakan balok kayu, yang dipahat aksara cina.

Bentuk koran berikutnya masih amat sederhana: Newsletter dan buku berita, di tahun 1400an. Beritanya kebih banyak berkaitan dengan dunia bisnis para bankir dan pedangang eropa.  Selanjutnya, newsletter dan bukui berita berkembang menjadi lembar berita/newsheet tahun 1500an. Notizie Scritte (pemberitahuan tertulis) yang terbit di Venesia, Italia. termasuk jeis lembar berita itu. "Koran" lembaran ini biasanya dipasang di banyak tempat umum, tetapi yang ingin membacanya harus membayar 1 gazzeta. Dari sanalah mucum istilah gazzeta yang menunjuk koran.

Terbitnya koran-koran di Eropa di awali dengan temuan mesin cetak Johann Gutenberg pada pertengahan abad XV yang memudahkan proses produksi. Awalnya lembar berita yang terbit tidak teratur dan memuat cuma satu peristiwa, kemudian berwvolusi dengan terbit teratur seperti yang dilakukan mingguan Avisa Relation oder Zeitung, sejak 1609 di Strasbourg, jerman. Rupanya awab XVII menjadi abad penting lahirnya banyak koran di Eropa. Tapi, mingguan Frankfurter Journal (1615) yang dikelola Egenolph Emmel di Frankfrut, Jerman, umum dipandang sebagai koran pertama di dunia. Sampai kemudian lahir Leipziger Zeitung (1660) uga di Jerman, yang mula-mula mingguan, kemudai menjadi harian, Inilah koran harian pertama di dunia.

Tak lama kemuduan Inggris menyusul,diawali oleh The London Gazette (1665) yang masih koran berkala.Inggris mengenal  koran hariannya yang pertama dengan terbitnya The London Daily Courant (1702). The Times koran Inggris-yang terbit sejak abad XVII hingga kini-pertama kali memakai sistem cetak rotasi.Penemuan telegram dan jaringan kabel internasional di pertengahan 1800-an membuat wartawan bisa lebih cepat meliputi dari berbagai kawasan dunia.

Di Indonesia, koran sudah ada sejak tahu 1744,saat pemerintahan Gubjen. Van Imhoff,yaitu Bataviasche Nouvelles.Sayang umurnya cuma dua tahun. pada 1776, di jakarta terbit Vendu Nieus,yang memuat segala macam barang lelangan,mulai perabotan rumah tangga hingga budak.Mingguan ini berhenti terbit karena Gubjen. Daendeles mengambil alih percetakan.

Deandels kemudian menerbitkan Bataviascche Koloniale Courant (1810) yang juga berumur pendek, kaena Belanda harus menyingkir  demi Inggris, Inggris pun melihat perlunya koran, sehingga lahirnlah Java Government Gazette, sebagai corong pemerintah. Saat Belanda kembali berkuasa, koran itu diubah jadi Bataviasche Courant (1816), lalu Javasche Courant (1827). Tahun 1942, Belanda menyingkir karena Jepang datang. Koran yang sama di ambilalih pemerintah baru yang mengubahnya menjadi Ken Po, artinya berita pemerintah.

Bagaimana dengan pemrakarsa swasta? Tahun 1849 datang wartawan Belanda, W. Bruining, yang dua tahun kemudian berhasil menerbitkan Batavia Advertentieblad. Selain Jakarta, di kota lain - Surabaya, Semarang, Pasuruan, Padang, Medan, Palembang dan Makassar - juga terbit koran.

Tapi sejak kapan pribumi Indonesia punya koran sendiri? Tahun 1854 di Weltevreden (Gambir), Jakarta, muncul majalah Bianglala dari pihak Zanding, Mingguan bahasa Jawa Bromartani terbit pertama tahun 29 Maret 1855. entah kenapa, Van der Muelen dalam de Courant Stijhoff (Leiden 1885), menyebut prakarsa itu baru munvul tahun 1856, ketika terbit Soerat Kabar Bahasa Melajoe di Surabaya. Sejak itu banyak terbit koran Melayu, yang masih dikelola oleh orang belanda asli atau peranakan.

Tahun 1904 pers Indoensia bangkit, saat raden Mas Djokomono dengan akte notaris Simon Mendirikan NV Javaansche Boekhandel & Drukkerij en handel in Schrijfbehoeften Medan Prijaji di Bandung, diikuti dengan terbitnya mingguan Medan Prijaji (1907), yang pada 1910 menjadi harian. Saat itu untuk pertama kali bangsa Indonesia punya koran sendiri.

Banyak yang unik, bermanfaat dan original, hanya di Blackantzz , jika anda hendak mengutip artikel ini, silahkan menyertakan link artikel ini.
Read More ..
 

Term of Use

Beberapa artikel dan postingan yang ada disini murni hasil tulisan tangan dari saya, pembaca dapat menggunakan artikel ini dengan syarat mencantumkan sumber artikel.

Download Chrome

Copyright © 2016 - BlackAntzz is powered by Rhatomi.com - All rights reserved